EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Hubungan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar

Sinta Sinta (STKIP Singkawang, Indonesia)
Dina Anika Marhayani (STKIP Singkawang, Indonesia)
Sri Mulyani (STKIP Singkawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 4 Singkawang 2) Mendeskripsikan tingkat Minat Membaca Siswa di SD Negeri 4 Singkawang, 3) Menganalisis hubungan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan minat membaca siswa di SD Negeri 4 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD Negeri 4 Singkawang yang berjumlah 43 siswa dengan menggunakan teknik total sampling, sehingga sampel yang diperoleh 43 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik angket, dengan instrumen penelitian lembar Angket Gerakan Literasi Sekolah berjumlah 14 pernyataan dan angket minat membaca berjumlah 11 pernyataan dengan pilihan jawaban sangat sesuai, sesuai, tidak sesuai, dan sangat tidak sesuai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung persentase dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Gerakan Literasi Sekolah berada pada kategori tinggi (69,3%), tingkat minat membaca siswa berada pada kategori tinggi (68,8%), dan Gerakan Literasi Sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan dengan minat membaca siswa (r = 0,787, p < 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...