Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia ternyata tidak sepenuhnya berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari rendahnya pemahaman konsep matematika siswa dalam belajar matematika. Guru cenderung kurang menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada siswa yaitu masih identik dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Differentiated Instruction berbasis Kurikulum Merdeka untuk mendorong pemahaman konsep matematika. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang baik harus disesuaikan dengan prinsip kemerdekaan belajar yakni menurut minat, bakat, dan karakter siswa. Dan metode yang cocok untuk digunakan yakni Differentiated Instruction dikarenakan karakteristik dari metode ini yang sangat memperhatikan kebutuhan setiap siswa. Implementasi Differentiated Instruction berbasis Kurikulum Merdeka mampu mendorong pemahaman konsep matematika siswa yang telah diukur berdasarkan berbagai indikator pemahaman konsep matematika meningkat sebesar 78%. Selain itu, implementasi Differentiated Instruction pada penelitian ini menolong siswa berkebutuhan khusus mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan keterbatasan dan kebutuhan yang dimilikinya. Saran yang ditawarkan adalah guru perlu memanajemen waktu pembelajaran dengan baik dan waktu penelitian yang lebih lama
Copyrights © 2024