Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan adanya pendekatan dengan model Realistic Mathematic Education pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematic Education terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada pelajaran matematika materi bilangan cacah menentukan nilai tempat bilangan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian iniadalah Pre-experimental Design dengan one group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas III SD Negeri 2 Ngabul yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan IBM SPSS statistic 25 yang meliputi paired sample t-test, dan uji hipotesis. Hasil analisis uji t menunjukkan taraf signifikansi sebanyak 0,000 < 0,05 dengan ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga terdapat selisih nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 27% yang artinya model Realistic Mathematic Education berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas III SD Negeri 2 Ngabul.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024