EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Analisis Nilai Karakter pada Lirik Lagu Rang Sumando dari daerah Minangkabau

EW, Engga Dallion (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Lagu Rang Sumando merupakan salah satu lagu yang berasal dari daerah Minangkabau. Menggunakan bahasa Minangkabau, judul serta lirik lagu Rang Sumando merepresentasikan adat Minangkabau khususnya terkait peran laki-laki di Minangkabau sebagai seorang sumando, sehingga lagu ini menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai karakter lirik lagu Rang Sumando. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menginterpretasikan makna dan nilai karakter lirik lagu Rang Sumando sebagai objek yang diteliti. Selanjutnya digunakan analisis semiotika Roland Barthes guna membantu peneliti membedah secara dalam makna nilai karakter lirik lagu melalui aspek denotatif, yaitu membedah makna sebenarnya, harfiah atau tekstual, dan melalui aspek konotatif yaitu memberikan pemaknaan baru secara kontekstual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka sebagai sumber data utama melalui penelusuran sumber-sumber dokumentasi ilmiah berupa buku dan hasil penelitian yang memuat data yang diperlukan guna membenah makna nilai karakter lirik lagu. Hasil penelitian menunjukkan empat karakter sumando di Minangkabau, yaitu sumando kacang miang, memiliki karakter provokator, sumando lapiak buruak, memiliki karakter pemalas, sumando langau ijau memiliki karakter mata keranjang. Tiga karakter sumando ini benilai negatif. Keempat, sumando niniak mamak, memiliki karakter seorang pemimpin yang arif dan bijaksana. Sumando niniak mamak menjadi satu-satunya karakter sumando yang bernilai positif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...