Sekolah Menengah Pertama (SMP) termasuk dalam jenis pendidikan formal, yang bertujuan menyiapkan siswa dengan bekal ilmu pengetahuan agar siswa dapat melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Begitu pula dengan SMP PGRI 1 Denpasar, diharapkan dapat mendidik dan membina siswa sehingga menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, serta bertaqwa. SMP PGRI 1 Denpasar merupakan SMP terakreditasi A yang mempunyai kelas yaitu kelas VII, VIII, dan IX, yang setiap kelasnya dibagi menjadi kelas unggulan dan non unggulan. Dalam penentuan kelas unggulan masih terdapatnya kendala yang dihadapi yaitu masih manualnya sistem yang dipergunakan sehingga cenderung terjadi kesalahan sehingga perlu dibuatnya sistem pendukung keputusan. Metode Brown Gibson adalah suatu metode yang digunakan untuk menganalisis alternatif pilihan yang dikembangkan berdasarkan konsep preference of Measurment yang bisa mengkombinasikan faktor obyektif dan subyektif, Eliminasi faktor-faktor yang secara sepintas tidak layak untuk dipilih misalkan mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kriteria kelas unggulan. Hitung dan tetapkan performance measurementdari faktor obyektif (OFi) untuk setiap alternatif mata pelajaran masing-masing siswa. Tentukan faktor-faktor yang lebih bersifat subyektif pada saat menetapkan alternatif pilihan. Estimasi dari ukuran performance fakor subyektif (SFi) untuk setiap pilihan. Buat pembobotan mana yang lebih dipertimbangkan, antara faktor obyektif dengan faktor subyektif. Keputusan diambil berdasarkan alternative pilihan yang memiliki nilai LPMi terbesar, dan 25 orang dengan nilai terbaik akan mendapatkan kelas unggulan. Dengan adanya sistem pendukung keputusan dapat membantu pihak akademik SMP PGRI 1 Denpasar dalam memilih siswa yang sesuai dengan kriteria kelas unggulan. Kata Kunci : Brown Gibson, Sistem Penentuan Kelas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015