Aplikasi ini dirancang karena kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pengetahuan tentang pelinggih sanggah/merajan bali. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi game pembelajaran pelinggih sanggah/merajan bali berbasis android dengan menggunakan bahasa pemrograman LUA pada Corona SDK. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan pelinggih sanggah/merajan bali kepada masyarakat umum ataupun masyarakat hindu yang ingin mempelajari tentang pelinggih sanggah/merajan bali. Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dimulai dari pengumpulan data dari literatur tentang pelinggih sanggah/merajan bali, lalu melakukan perancangan menggunakan Unifieded Modeling Language (UML) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Dengan adanya aplikasi ini, dapat menjadi sarana pembelajaran dalam melestarikan dan membangkitkan budaya daerah khususnya Bali yang mudah didapatkan oleh semua lapisan masyarakat. Kata kunci : Game Pembelajaran, Android, Pelinggih Sanggah/Merajan Bali. Â
Copyrights © 2015