Pendekatan Reggio Emilia merupakan suatu pembelajaran yang berpusat pada anak, dalam mengembangkan kreativitas anak dengan cara bermain, agar dalam pembelajaran tidak membosankan. Melalui bermain anak dapat melatih kreativtasnya dengan cara membentuk, membangun, dan menyusun melalui bermain plastisin sesuai dengan kreativitas anak. Karena dengan bermain plastisin adalah pembelajaran berpusat pada anak. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendekatan Reggio Emilia dalam pengembangan kreativitas annak melalui bermain plastisin di TK Aisyiyah Yosomulyo.Penelitiian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK Aisyiyah Yosomulyo. Sumber data penelitiian ini sumber data primer dan skunder, sdangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini reduksidata, data display dan verivication, sedangkan menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber danteknik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: Sesuai data hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti adalah dalam pelaksanaan pembelajaran seorang guru bertugas sebagai fasilitator, perencana dan penilaian anak. Guru telah perperan sebagai fasilitator dan pembimbing anak, hal tersebut terlihat dari kegiatan guru mendatangi anak dan membimbing anak yang mengalami kesusahan dalam membentuk plastisin. Dari penelitian ini menunjukan rata-rata perkembangan kreativitas anak TK Aisyiyah Yosomulyo kelompok B1 berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Tetapi terdapat beberapa anak yangperkebangan kreativitasnya masih memerlukan bantuan guru atau temannya. Karena ada beberapa anak yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga memerlukan bantuan dari orang lain saat proses pembelajaran.
Copyrights © 2021