Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol. 4 No. 1 (2022): April

PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QURAN MELALUI METODE TIKRAR TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA PROBOLINGGO

Amin Udin (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Benny Prasetya (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Heri Rifhan Halili (STAI Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Religiusitas merupakan ketertarikan jiwa seseorang untuk senantiasa berbuat baik atau berbuat ketaatan dalam perilaku sehari-hari sesuai ajaran agama Islam. Salah satu penunjang yang mempengaruhi sikap religiusitas siswa adalah dengan cara membiasakan siswa untuk mengahafal Al-Qur’an. Mengapa demikian? Karena mengahafal Al-Qur’an mempunyai pengaruh yang besar terhadap religiusitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan mengahafal Al-Qur’an terhadap perilaku siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif atau melalui proses penghitungan angka. Angka-angka tersebut diperoleh dari pengisian angket melalui google form yang diisi oleh peserta didik dan dikonversikan dengan angka, lalu perolehan data kemudian dianalisa menggunakan rumus-rumus yang ada dalam aplikasi SPSS21. Hasil analisa data menunjukkan bahwa kemampuan mengahafal Al-Qur’an memiliki pengaruh sebesar 3,9% terhadap Religiusitas Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Muaddib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to ...