Religiusitas merupakan ketertarikan jiwa seseorang untuk senantiasa berbuat baik atau berbuat ketaatan dalam perilaku sehari-hari sesuai ajaran agama Islam. Salah satu penunjang yang mempengaruhi sikap religiusitas siswa adalah dengan cara membiasakan siswa untuk mengahafal Al-Qur’an. Mengapa demikian? Karena mengahafal Al-Qur’an mempunyai pengaruh yang besar terhadap religiusitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan mengahafal Al-Qur’an terhadap perilaku siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif atau melalui proses penghitungan angka. Angka-angka tersebut diperoleh dari pengisian angket melalui google form yang diisi oleh peserta didik dan dikonversikan dengan angka, lalu perolehan data kemudian dianalisa menggunakan rumus-rumus yang ada dalam aplikasi SPSS21. Hasil analisa data menunjukkan bahwa kemampuan mengahafal Al-Qur’an memiliki pengaruh sebesar 3,9% terhadap Religiusitas Siswa.
Copyrights © 2022