Pendidikan hal yang teramat penting dalam kehidupan. Dengan pendidikan seseorang akan dapat merasakan bentuk perubahan pada dirinya, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Seperti halnya cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 yang berbunyi “Mencerdaskan kehidupan bangsa” Dan dalam hal ini pemerintah kita berusaha agar mewujudkan cita-cita dari bangsa ini salah satunya dengan menggalakkan literasi, numerasi dan adaptasi tehnologi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 di MI. Misbahut Tholibin Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang di gunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang di gunakan guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 antara lain dengan membaca 15 menit sebelum bel masuk kelas berbunyi, membaca butir-butir pancasila, membaca buku dengan sistem proges setoran ke guru kelas, bercerita tentang pengalaman masing-masing siswa,game tebak kata, game kata bersambung. Kata kunci: Strategi guru kelas 3, literasi membaca
Copyrights © 2023