Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 4 No. 2 (2023): Juli

STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI MI MISBAHUT THOLIBIN LECES - PROBOLINGGO

Nur Khosiah (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Pendidikan hal yang teramat penting dalam kehidupan. Dengan pendidikan seseorang akan dapat merasakan bentuk perubahan pada dirinya, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Seperti halnya cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 yang berbunyi  “Mencerdaskan kehidupan bangsa” Dan dalam hal ini pemerintah kita berusaha agar mewujudkan cita-cita dari bangsa ini salah satunya dengan menggalakkan literasi, numerasi dan adaptasi tehnologi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 di MI. Misbahut Tholibin Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang di gunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang di gunakan guru kelas 3 dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas 3 antara lain dengan membaca 15 menit sebelum bel masuk kelas berbunyi, membaca butir-butir pancasila, membaca buku dengan sistem proges setoran ke guru kelas, bercerita tentang pengalaman masing-masing siswa,game tebak kata, game kata bersambung.  Kata kunci: Strategi guru kelas 3, literasi membaca

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Ibtidaiyah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Ibtidaiyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah which is managed by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and ...