Pandemi covid 19 yang melanda dunia tidak terkecuali Indonesia selama 2,5 tahun terakhir bepengaruh ke berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran yang biasanya dilangsungkan offline secara tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran online dengan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR). Kebijakan ini diterapkan kepada semua jenjang pendidikan mulai dari TK (Taman Kanak-kanak) hingga PT (Perguruan Tinggi). Kegiatan BDR ini tidak hanya melibatkan guru dan siswa saja, melainkan juga orang tua yang berperan sebagai guru pengganti di rumah. Peran orang tua dalam kegiatan BDR ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembelajaran, di mana orang tua akan mendampingi serta memotivasi anak selama kegiatan. Apalagi untuk anak usia dini yang masih belum dapat menerima instruksi dengan jelas serta memerlukam pendampingan yang lebih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran orang tua dalam kegiata BDR anak usia dini selama masa pandemi covid 19 dalam berbagai studi yang meneliti tentang hal ini. Metode penilitan yang yang digunakan adalah studi literatur yang dilakukan melalui pencarian dan pengumpulan refrensi dilanjutkan dengan menganalisisnya. Ada 20 studi terdahulu yang terkait dengan peran orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini selama pandemi covid 19. Penelitian ini menemukan bahwa dalam mendampingi anak usia selama kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) orang tua memiliki peran besar dalam memotivasi, memberi semangat, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta pembagian waktu antar pekerjaan dan pengasuhan.
Copyrights © 2022