Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 6, No 2 (2023): Desember 2023

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN RELASI DAN FUNGSI

Makitalentu, Christiniati (Unknown)
Manurung, Ontang (Unknown)
Regar, Vivian E. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dengan rata-rata hasil belajar siswa yang di ajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang menggunakan desain Posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tondano pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang dipilih secara acak, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini yakni soal tes yang berbentuk esai yang diberikan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata-rata dua kelompok yang tidak berpasangan. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 63,18. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung= 5,073 dan ttabel= 1,684.  thitung ttabel, maka terima H1, artinya rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi relasi dan fungsi .Kata Kunci: Hasil Belajar, PBL

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...