Belrdasarkan obselrvasi yang tellah dilakulkan di TK Al Ikhwan Palelmbang melmpulnyai pelrmasalahan pada pelrkelmbangan motorik kasar yaitul keltelrlambatan melrelka dalam pelrkelmbangan telrselbult selhingga dapat melnghambat kelmampulan anak itul selndiri. Kelmampulan motorik kasar anak masih telrbatas, dan ulpaya pelmbelriannya tidak ataul kulrang telrprogram. Dalam belbelrapa kelgiatan pelrmainan fisik yang diharapkan bisa melngelmbangkan motorik kasar anak didik, masih banyak anak yang bellulm bisa mellakulkan delngan belnar. Pelnellitian melnggulnakan meltodel elkspelrimeln delngan delsain Onel Groulp Preltelst-Posttelst. Sampell yang digulnakan dalam pelnellitian ini seljulmlah 15 orang anak. Telknik pelngulmpullan data yang digulnakan yaitul obselrvasi awal selbellulm dibelri pelrlakulan, obselrvasi digulnakan ulntulk melngulmpullkan data pada saat trelathmelnt, tels belrbelntulk skor yang dilakulkan ulntulk melngeltahuli hasil seltellah dibelri pelrlakulan dan dokulmelntasi belrulpa foto. Telknik analisis data melnggulnakan ulji normalitas, ulji homogelnitas, dan ulji hipotelsis delngan melnggulnakan SPSS.  Hasil hipotelsis dalam pelnellitian dipelrolelh nilai signifikan (2-taileld) pelrkelmbangan Motorik Kasar di TK Al Ikhwan Palelmbang adalah selbelsar 0.000 lelbih kelcil dari nilai keltelntulan sig = 0,05, ataul bisa dilihat dari data dipelrolelh nilai Thitulng = -17.711 dan Ttabell= 2.160 nilai Thitulng Ttabell maka dapat disimpullkan bahwa H0 ditolak dan Ha ditelrima. Artinya telrdapat pelngarulh yang signifikan dari Pelrmainan Bakiak telrhadap Motorik Kasar di TK Al Ikhwan Palelmbang. Kata kunci: Meldia Pelmbellajaran, Pelrmainan Bakiak, Motorik Kasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024