Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 3 No. 1 (2016): Vol 3 No 1 (2016)

OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU JALUR ANGKUTAN KOTA (ANGKOT) MALANG DENGAN METODE ANT COLONY BERBASIS PERANGKAT ANDROID

Dian Aulia Fitri (Unknown)
Erfan Rohadi (Unknown)
Ekojono Ekojono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Kota Malang memiliki beberapa sebutan seperti Kota Pendidikan dan Kota Wisata. Disebut sebagai Kota wisata karena terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terjaga sehingga banyak wisatawan dalam maupun Luar Negeri dan disebut sebagai Kota Pendidikan karena terdapat banyak perguruan tinggi aktif di Kota Malang dan beberapa diantaranya menduduki peringkat terbaik di Indonesia. Tidak sedikit wisatawan dan mahasiswa baru ingin berkeliling Kota Malang, bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung ke Malang membutuhkan informasi tentang angkutan-angkutan apa saja yang harus dinaiki serta jalur mana yang akan dilewati. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi dengan menggunakan metode ant colony atau koloni semut, yaitu sebuah metode yang meniru perilaku semut dalam mencari sumber makanan dan kembali ke sarangnya dengan secara alami mampu menemukan rute terpendek. Semut yang melewati rute terpendek akan meninggalkan aroma pheromone yang lebih tajam dan aroma tersebut akan diikuti oleh semut-semut yang lain menuju makanan.Hasil dari penelitian ini adalah metode ant colony dapat diterapkan dalam aplikasi ini yaitu untuk mencari rute angkutan kota Malang dengan perhitungan pada waktu tempuh dan biaya yang harus dikeluarkan oleh penumpang. Hasil pendapat responden menunjukkan 80% menyatakan bermanfaat dan 80% menyatakan mudah digunakan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...