Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024)

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN PRESTASI BELAJAR DENGAN ANALISIS VARIAN

Amanda , Feby (Unknown)
Nabila NST, Putri (Unknown)
Anggraini, Syafira (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitin ini untuk mengetahui hasil belajara siswa. Metode penelitian ini Analisis Variansi, dapat dilihat variasi-variasi yang muncul karena adanya beberapa perlakuan (treatment) untuk menyimpulkan ada atau tidaknya perbedaan rataan pada populasi. Jika untuk menguji perbedaan rata-rata antara 2 kelompok independen digunakan Uji-1, maka untuk melakukan uji terhadap perbedaan rata-rata antara 3 kelompok independen atau lebih, kita tidak boleh menggunakan ujit berulang-ulang. Misalnya kita ingin mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata hasil antara 3 kelompok intervensi, apakah ada perbedaan rata-rata herat badan bayi lahir menurut tingkat pendidikan ibu (rendah, menengah, & tinggi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 33,7%, (2) Besarnya pengaruh emosional kecerdasan terhadap prestasi belajar sebesar 76,4%, (3) Besarnya pengaruh pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar sebesar 60,1%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alittihadu

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Al Ittihadu adalah jurnal akses terbuka double-blind, peer-review, di Zona Pendidikan Islam. Jurnal Al Ittihadu dimaksudkan untuk menyediakan forum akademik bagi para peneliti yang tertarik untuk membahas isu-isu saat ini dan masa depan tentang pendidikan Islam. Fokus pada pemberian ...