Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Hook and Numbers terhadap kemampuan mengenal angka pada siswa tungrahita. Kelas V di SLB Bina Siwi Pajangan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian one group pretest-posttest design. Lokasi penelitian ini yaitu dilaksanakan di SLB Bina Siwi Pajangan Bantul dengan partisipan siswa tunagrahita kelas V yang berjumlah 5 orang kategori sedang (mampu latih). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data nonparametik yaitu analisis tes Uji Rangking Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test) dengan bantuan SPSS versi 25. Dari hasil analisis yang sudah diperoleh dalam penelitian ini yaitu mendapatkan hasil nilai Z = -2.023 dengan Asymp Sig. *2-tailed) 0,043 yang berada dibawah 0,05. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini berbunyi "Tidak ada pengaruh penggunaan Hook and Numbers terhadap kemampuan mengenal angka siswa tunagrahita kelas V di SLB Bina Siwi Pajangan Bantul” tidak dapat diterima kebenarannya. Jadi, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media Hook and Numbers terhadap kemampuan mengenal angka siswa tunagrahita kelas V di SLB Bina Siwi Pajangan Bantul.
Copyrights © 2024