Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
Vol 17 No 1 (2023): Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam

THE IMPLEMENTATION OF PRACTICAL METHOD BASED ON TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) APPROACH IN LEARNINIG ENGLISH ON THE TENTH CLASS STUDENT AT MA AL-HIDAYAH JENU TUBAN

Fauzi, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2023

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing pertama di Indonesia yang dianggap penting dalam transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni serta membangun hubungan antar negara. Tujuan pengajaran bahasa Inggris di SMA Islam adalah untuk mengembangkan empat keterampilan berbahasa: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Pengajaran keempat keterampilan berbahasa tersebut dapat dilakukan secara integratif untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurangnya perhatian terhadap keterampilan berbahasa tertentu dapat menyebabkan penguasaan bahasa Inggris siswa tidak seimbang. Namun, selain menggunakan model pengajaran biasa, untuk meningkatkan keterampilan siswa dan menciptakan situasi proses belajar mengajar yang menyenangkan, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk membuat variasi pengajaran dengan menggunakan model tertentu yang menurutnya cocok untuk siswa. Salah satu model pengajaran bahasa Inggris adalah metode praktis berdasarkan turnamen permainan tim. Model ini dianggap menyenangkan karena merupakan kombinasi lucu antara kolaborasi, permainan, dan turnamen. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti ingin mempelajari tentang “Implementasi Metode Praktis Berbasis Pendekatan Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas Sepuluh di MA Al-Hidayah Jenu – Tuban. Penelitian ini berbentuk analisis deskriptif yang artinya peneliti menguraikan apa yang ditemukannya di dalam kelas dan mengungkapkannya untuk membuktikan kebenaran asumsinya. Ia mencoba mencari data dan mengolahnya serta hanya menjelaskan temuannya. Dia menganalisis dan menjelaskan tentang penerapan metode praktis berdasarkan turnamen permainan tim (TGT) dalam pengajaran bahasa Inggris. Peneliti menggunakan pendekatan fenomenologis dan metode deskriptif-kualitatif. Artinya, ia hanya memaparkan data penelitian dan temuan penelitian dalam bentuk tulisan, kalimat, dan paragraf; dia tidak mendeskripsikan dan menganalisis yang berbentuk angka. Hasil penerapan metode praktik berbasis turnamen permainan tim dalam pengajaran bahasa Inggris adalah positif dan bermanfaat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tadris

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

FOKUS DAN RUANG LINGKUP JURNAL Jurnal tadris adalah sebuah jurnal ilmiah yang berisi publikasi hasil penelitian dan konsepsi atau pemikiran dalam ranah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal ini meliputi : 1. Pendidikan Islam formal dan non-formal 2. Kurikulum dan teknologi pendidikan Islam 3. ...