Gunung Djati Conference Series
Vol. 33 (2023): Seminar Nasional Pertanian 2023

Perbandingan Kinerja Usaha Produk Beras Organik dengan Sistem Pemasaran Online dan Konvensional

Laras Sirly Safitri (Politeknik Negeri Subang)
Cepi Rahman Mulyadi (Politeknik Negeri Subang)
Wiwik Endah Rahayu (Politeknik Negeri Subang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Beras merupakan bahan pangan utama bagi masyarakat Indonesia. Saat ini, kesadaran konsumen terhadap kesehatan turut meningkatkan konsumsi beras organik, khususnya di Jawa Barat sebagai daerah dengan tingkat konsumsi beras organik tertinggi kedua di Indonesia. Salah satu produsen beras organik di Jawa Barat adalah CV. Agrospora dengan merek Beras Organik Pringkasap yang terletak di Kabupaten Subang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja usaha produk Beras Organik Pringkasap dengan sistem pemasaran online dan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2022 di CV. Agrospora. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pemilik, bidang pembukuan, bidang produksi, dan jasa pengiriman. Adapun data kinerja usaha (volume penjualan, omzet, dan keuntungan) yang digunakan adalah selama 6 bulan (Januari – Juni 2022). Analisis data dilakukan dengan uji beda sampel bebas (independent sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja usaha, yaitu volume penjualan, omzet, dan keuntungan pada sistem pemasaran online dan konvensional. Sistem pemasaran online dapat menghasilkan kinerja usaha yang lebih baik dari sistem pemasaran konvensional berdasarkan volume penjualan, omzet, dan keuntungan.

Copyrights © 2023