Gerakan Pramuka merupakan  wadah dan upaya pembinaan generasi muda.  Dalam menggunakan prinsip dasar pendidikan Pramuka, pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi lingkungan, kepentingan masyarakat atau pemuda di daerah tertentu serta sosial masyarakat Indonesia pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali peranan  pendidikan Pramuka dalam penanaman nilai-nilai karakter pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan populasi sebanyak 25 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara setelah itu data dianalisis  menggunakan rumus, rentang, perhitungan, dan  persentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peran yang cukup kuat dari pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter kebangsaan (disiplin) pada mahasiswa prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima. Oleh karena itu, mahasiswa harus dilibatkan dalakegiatan kepramukaan agar menjadi pribadi dengan karakter kebangsaan dengan disiplin diri yang kuat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024