cover
Contact Name
Widia
Contact Email
jurnalpendikbud@gmail.com
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
widia@habi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 30316421     EISSN : 3031643X     DOI : https://doi.org/10.56842/jpk
JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan ISSN : 3031-643X (online) & 3031-6421 (cetak) DOI Prefix : 10.56842 Editor in Chief : Widia Publisher : STKIP Harapan Bima Frequency : Terbit 4 kali dalam satu tahun (Januari, April, Juli and Oktober)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 66 Documents
Efektivitas Penggunaan Strategi Three Connections (Making Connection) Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMPN 3 Langgudu Nurdianah, Nurdianah; Juniati, Juniati; Pratiwiningsih, Amanda; Ma’ruf, Ma’ruf; Waliyudin, Waliyudin; Ningsi, Fitri; Sarnita, Fitria; Ramli, Ramli; Hakim, Arif Rahman
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i01.215

Abstract

Berdasarkan masalah penelitian, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi tiga koneksi dalam membaca siswa pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langgudu di tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam eksperimennya penelitian dan teknik tes yang digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah kedelapan siswa kelas SMP Negeri 3 Langgudu pada tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti mengambil 30 siswa dari 30 siswa sebagai contoh. Peneliti membandingkan dua kelompok sampel dan memberikannya pretest sebelum treatment dan posttest setelah treatment. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: pertama, pengajaran membaca cerita ulang tes teks dan naratif dengan strategi tiga koneksi lebih efektif daripada mengajar membaca pemahaman teks recount tanpa tiga strategi koneksi untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kedua, Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah skor rata-rata dari post-test dari kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan post-test dari kelompok kontrol. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi tiga koneksi efektif dalam membaca teks recount dan tes naratif pemahaman daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi tiga koneksi. Nilai uji-t adalah 4,66 dan nilai t tabel sebesar 0,361. Itu artinya skor t-test lebih tinggi dari skor t-tabel. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengajaran melalui strategi tiga koneksi efektif.
Penambahan Nutrisi Tepung Ubi Cilembu (Ipomoea Batatas L) dalam Pakan Terhadap Protein Kasar Dan Pengaruh Produksi Ayam Arab Petelur Rahmaniya, Nita; Supryanto, Try
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i01.258

Abstract

Ayam ras petelur dan pedaging masih bergantung pada pakan pabrikan yang sebagian besar bahan pakan penyusunnya masih diimpor, sehingga biaya pakan sangat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kandungan kulit ari kelapa dalam pakan ayam Petelur dan pedaging. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2023 sampai 17 September 2023 berlokasi di Universitas Brawijaya Malang dan Laboraturium Peternakan Fakultas Peternakan. Penelitian ini dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap ( RAL) dengan 4 perlakuan dengan 10 kali ulangan Lokasi penelitian ini di Kelurahan Rontu Kota Bima Nusa Tenggara Barat. Lokasi penelitian ini di lanjutkan di Kelurahan Rontu Kota Bima Nusa Tenggara Barat. Hasil pembahasan pada penelitian ini adalah Campuran bahan pakan ini dapat mencapai 30% dari seluruh penyusun bahan pakan lainnya (Pada ayam petelur dan ayam pedaging, pencampuran lebih dari 30% tidak disarankan). Pakan campuran yang di tambahkan di penelitian ini adalah kulit ari kelapa dengan kandungan kulit ari kelapa, tidak dapat dikategorikan sebagai bahan pakan sumber protein karena mengandung protein dibawah 20%, yaitu berkisar 5,09-12,34%. Tolak ukur penentuan kualitas pakan untuk unggas didasarkan atas dasar kadar protein murni. Protein tersebut disusun atas asam amino, bukan sumber nitrogen yang lain. Kandungan serat kasar bahan pakan penelitian berkisar 31,33-51,66%. Hasil penelitian ini menujukan hasil yang maksiamal, karena kulit ari kelapa sangat baik untuk penambahan pada ayam petelur dan pedaging.
Analisis Pragmatik Idiom Bima dalam Interaksi Sosial Organisasi LDK Al-Muhajirin STKIP Taman Siswa Bima Hasanah, Uswatun; Rahman, Asri; Islamiati, Islamiati; Maulana, M.
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 2 (2024): April 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i2.272

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dalam penelitian deskriptif, peneliti mencoba menganalisis dan menyajikan data yang fakta secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan idiom bahasa Bima dan jenis jenisnya dalam interaksi social oleh LDK Al Muhajirin. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil data transkrip oleh anggota LDK Al Muhajirin yang akan dianalisis oleh penelitian ini, peneliti menggunakan rekaman wawancara. Subjek penelitian sebanyak 10 anggota sebagai peserta selektif, mereka adalah 5 anggota akhwat dan 5 anggota ikhwan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 26 idiom yang ditemukan 17 ekstrak diantara 4 interaksi yang digunakan annggota, jenis jenis tindak tutur pragmatic, 5 tindakan ilokusi, 3 tindakan lokusi, dan 9 tindakan perlokusi dan instrumennya, peneliti menggunakan rekaman dan wawancara langsung; terdiri dari 15 rekaman yang terjadi selama interaksi dari 10 hasil wawancara dan pengumpulan data, peneliti mencoba menganalisis rekaman dan membuat hasil transkrip rekaman, dan mewawancarai anggota LDK Al Muhajirin dalam studi analisis pragmatis idiom bahasa Bima dalam interaksi social oleh LDK Al Muhajirin memang cukup sulit untuk dipelajari karena mencakup interaksi bahasa dan dialog.
Pengembangan LKS Model Matematika Ceria Sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Siswa Ramdani, Nurlailatun; Oya, Abas
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i01.212

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tujuan mendesain media pembelajaran berupa LKS ceria dan mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan prestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMPN 4 Bolo tahun ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah VIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIC sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dua jenis yakni; data penguasaan konsep dan data respon siswa yang dikumpulkan dengan angket. Data penguasaan konsep siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma relatif skala lima. Dalam penelitian ini telah didesain LKS Matematika ceria untuk empat kali pertemuan dengan pokok bahasan alat-alat optik. Hasil analisa data menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan konsep Matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5 % dengan harga t’= 3,786 sementara itu harga t tabel lebih kecil dari thitung yakni 2,021. Hal ini berarti LKS model Matematika ceria berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket menunjukkan bahwa respon siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 77 %.
Peningkatan Hasil Belajar Mengunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning pada Mahasiswa Semester 3 Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Sudarsana, I Putu Agus Budi
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i01.263

Abstract

Collaborative learning merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman untuk membantu dalam memahami sebuah topik pembelajaran. Melalui Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti menguji efektivitas metode pembelajaran collaborative learning agar dapat menunjang keaktifan mahasiswa. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dengan metode pembelajaran collaborative learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester 3 Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70 Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 66,7 dengan kategori kurang mengalami peningkatan menjadi 77,6 dengan kategori baik pada siklus I, dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 83,1 dengan kategori baik. Demikian juga ketuntasan klasikal sebelum tindakan 15 orang (45,5%) meningkat menjadi 28 orang (85%) pada siklus 1 dan meningkat lagi jumlahnya menjadi 32 orang (97%) pada siklus 2.
Berpikir Reflektif Siswa SD Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Ramdhani, Lisda; Saifullah, Saifullah; RS, Yuyun Yuningsih; Arwan, Arwan
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i01.210

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggambarkan data kualitatif dan dideskripsikan untuk menghasilkan gambaran yang mendalam serta terperinci mengenai berpikir reflektif siswa SD dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Bolo Kabupaten Bima yang bergaya kognitif reflektif-impulsif.  Untuk menentukan subjek penelitian, maka peneliti melakukan pemilihan subjek dengan cara menggunakan instrumen tes gaya kognitif MFFT (Mathcing Familiar Figures Test). instrumen utama dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Karena pada penelitian ini, peneliti melakukan wawancara untuk menggali lebih mendalam tentang berpikir reflektif siswa SD dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif yang tidak bisa diwakilkan pada orang lain. Teknik Pengambilan data; memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan dan memeriksa kembali. Teknik analisis data; reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari 22 siswa yang mengikuti tes gaya kognitif, terdapat 45,45% siswa yang berada pada kelompok gaya kognitif reflektif (GK-R), dan 22,73% siswa yang berada pada kelompok gaya kognitif impulsif (GK-I).
Penggunaan E-Worksheets Berorientasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Wigati, Agnes; Hartono, Deni Puji; Romli, Sunaryo
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 2 (2024): April 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i2.276

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan e-worksheet berorientasi STEM mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini adalah penelitian eksploratif yang terdiri dari dua tahap. Tahap pertama melakukan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan e-worksheet melalui software liveworksheets. Tahap kedua melakukan pengumpulan data uji kegunaan melalui googleform. Data hasil kemampuan berpikir kreatif kemudian dianalisis dengan uji N-gain, sedangkan hasil uji kegunaan dianalisis dengan persentase yang meliputi aspek usebility, easy to use, easy to learning, dan satisfaction. Berdasarkan temuan penelitian bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan skor gain g sebesar 0,34, serta hasil uji kegunaan menunjukkan persentase yang didominasi oleh jawaban Setuju (S) dan Sangat Setuju (SS) pada seluruh indikator uji. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan e-worksheet berorientasi STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan memenuhi nilai kegunaan produk.
Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Anak dalam Menghadapi Ujian Sekolah di SD Negeri 15 Ntobo Kota Bima Yanti, Sri; Andriani, Mardian; Hairunis, Mirham Nurul; Ihsan, Ihsan
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i01.248

Abstract

Kecemasan adalah ketegangan, rasa tidak aman dan kekhawatiran yang timbul karena Anak usia sekolah sangat membutuhkan dan menginginkan bimbingan atau dukungan dari orang tua maupun keluarga lainnya. Orang tua dapat membantu anak untuk menghilangkan kecemasan dan kejenuhan dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan anak dalam menghadapi ujian Sekolahdi SDN 15 Ntobo Kota Bima. Penelitan ini menggunakan design analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 27 responden. Analisa Data menggunakan Uji spearman rank dengan tingkat signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil uji statistik spearman rank dengan bantuan SPSS version 16 diperoleh diperoleh r hitung sebesar 0,058 dengan sig (2-tailled) sebesar 0,778 lebih besar dari α = 0,05 (0,008 0,05). Berdasarkan hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa ha ditolak dan ho diterima yaitu tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan anak dalam menghadapi ujian sekolah di SDN 15 Ntobo Kota Bima.
Urgensi Pendidikan Kepramukaan dalam Membentuk Karakter Kebangsaan (DISIPLIN) Mahasiswa Ihsan, Ihsan; Yanti, Sri
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 2 (2024): April 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i2.249

Abstract

Gerakan Pramuka merupakan  wadah dan upaya pembinaan generasi muda.  Dalam menggunakan prinsip dasar pendidikan Pramuka, pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi lingkungan, kepentingan masyarakat atau pemuda di daerah tertentu serta sosial masyarakat Indonesia pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali peranan  pendidikan Pramuka dalam penanaman nilai-nilai karakter pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan populasi sebanyak 25 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara setelah itu data dianalisis  menggunakan rumus, rentang, perhitungan, dan  persentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peran yang cukup kuat dari pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter kebangsaan (disiplin) pada mahasiswa prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima. Oleh karena itu, mahasiswa harus dilibatkan dalakegiatan kepramukaan agar menjadi pribadi dengan karakter kebangsaan dengan disiplin diri yang kuat
Hubungan Sikap Siswa dengan Prestasi Belajar pada Bidang Study Ekonomi Kelas VIII SMPN 1 Madapangga Hardyanti, Hardyanti; Rostati, Rostati
Jurnal Pendidikan dan Humaniora Vol 1, No 01 (2024): Januari 2024
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/jpk.v1i01.213

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data. populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 orang, sedangkan sample pada penelitian ini adalah kelas VIIIc VIIId. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan perangkat pendukung angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan product moment dengan tujuan untuk membuktikan adanya hubungan dari kedua variabel tersebut yaitu variabel X sebagai sikap siswa dan variabel Y sebagai prestasi belajar siswa. product moment diperoleh harga koefisien korelasi atau ro (r hitung) adalah 0.806 sedangkan r-tabel yang diuji pada taraf signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 95% dan taraf signifikansi 1% 0.449. Ini artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima sedangkan Ho (hipotesis nol) yang berbunyi “tidak ada hubungan sikap siswa dengan prestasi belajar pada bidang study ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2022/2023” dinyatakan tidak disetujui atau ditolak.Â