Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Gereja
Vol. 1 No. 1 (2018): Maret

STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL: SUATU USULAN BAGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK)

Yohannes Nahuway (Dosen Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron,)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Strategi pembelajaran kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang ada pada dunia pendidikan. Strategi pembelajaran kontekstual mengasumsikan konteks kehidupan sosial dan budaya merupakan sumber serta media belajar yang penuh makna, orang tidak hanya dapat belajar dari membaca buku dan literatur. Dengan demikian, tujuan dari strategi pembelajaran ini adalah masalah kehidupan nyata di tengah keluarga, gereja, dan di dalam masyarakat dapat dihadirkan ke dalam proses pembelajaran itu untuk diperbincangkan dan dikemukakan penyelesaiannya sebelum melakukan aksi konkret. Konsep dan teori pun dapat dimunculkan melalui konteks budaya. Dalam melakukan penelitian ini penulis mengunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan secara komprehensif. Oleh sebab itu guru PAK harus menguasai bahan pembelajaran yang dirancangkan. Sebab tujuan Pendidikan Agama Kristen adalah pembaharuan hidup, dalam hal ini pembaharuan hidup bukan hanya dari segi kognitif saja yang berubah, namun dalam tingkah laku, cara pandang dan pola pikir juga. Kerajaan Allah menjadi prioritas utama Yesus dalam mengajar setiap orang. Inilah yang menjadi alasan mengapa Yesus datang ke dunia ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Jurung

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Gereja adalah jurnal publikasi baik hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Kristen dan Gereja yang memiliki nomor ISSN 2986-8319 (Online), 2654-4857 (Print), yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi. Jurnal Mawar Saron terbit 2 kali dalam ...