cover
Contact Name
Serepina Yoshika Hasibuan
Contact Email
serepinahasibuan1991@gmail.com
Phone
+6282337313706
Journal Mail Official
serepinahasibuan1991@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cimangguk, RT.01/RW.02, Ujung Gn. Ilir, Kec. Menggala, Kab. Tulang Bawang, Lampung 34693
Location
Kab. tulang bawang,
Lampung
INDONESIA
Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Gereja
ISSN : 26454857     EISSN : 29868319     DOI : https://doi.org/10.62240/msj
Core Subject : Religion, Education,
Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Gereja adalah jurnal publikasi baik hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Kristen dan Gereja yang memiliki nomor ISSN 2986-8319 (Online), 2654-4857 (Print), yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi. Jurnal Mawar Saron terbit 2 kali dalam setahun (Maret dan Oktober).
Articles 66 Documents
STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL: SUATU USULAN BAGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) Yohannes Nahuway
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 1 No. 1 (2018): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v1i1.2

Abstract

Strategi pembelajaran kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang ada pada dunia pendidikan. Strategi pembelajaran kontekstual mengasumsikan konteks kehidupan sosial dan budaya merupakan sumber serta media belajar yang penuh makna, orang tidak hanya dapat belajar dari membaca buku dan literatur. Dengan demikian, tujuan dari strategi pembelajaran ini adalah masalah kehidupan nyata di tengah keluarga, gereja, dan di dalam masyarakat dapat dihadirkan ke dalam proses pembelajaran itu untuk diperbincangkan dan dikemukakan penyelesaiannya sebelum melakukan aksi konkret. Konsep dan teori pun dapat dimunculkan melalui konteks budaya. Dalam melakukan penelitian ini penulis mengunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan secara komprehensif. Oleh sebab itu guru PAK harus menguasai bahan pembelajaran yang dirancangkan. Sebab tujuan Pendidikan Agama Kristen adalah pembaharuan hidup, dalam hal ini pembaharuan hidup bukan hanya dari segi kognitif saja yang berubah, namun dalam tingkah laku, cara pandang dan pola pikir juga. Kerajaan Allah menjadi prioritas utama Yesus dalam mengajar setiap orang. Inilah yang menjadi alasan mengapa Yesus datang ke dunia ini.
SHEMA ISRAEL DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA KRISTEN DI GBI SUMBER SARI BANDUNG Nelson Hasibuan
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 1 No. 1 (2018): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v1i1.3

Abstract

Tanggung jawab pendidikan Kristen memang bukan tugas yang mudah, baik bagi bangsa Israel pada zaman Perjanjian Lama maupun bagi kita pada zaman sekarang. Setiap zaman memiliki kesulitan dan pergumulan masing-masing, namun prinsip-prinsip dasar pendidikan Kristen yang alkitabiah tetap bertahan di tengah berbagai teori pendidikan baru yang muncul. Menerapkan pendidikan pada Ulangan 6:4-9 dalam hidup masa kini, Bagi kita mungkin ada kesulitan menerapkan pola pendidikan dalam Ulangan 6:4-9, sebab konteks dan situasi kita sudah berubah. Kita bukan lagi seperti zaman Perjanjian Lama, melainkan telah hidup didunia modern dengan kecanggihan berbagai teknologi dan alat komunikasi, termasuk juga dalam media pendidikan.Era ini ditandai dengan makin munculnya kemandirian masing-masing individu untuk belajar. Era modern mengubah cara pandang para pendidik Kristen dalam mendidik anak. Toleransi tinggi dan keleluasaan tidak terbatas cenderung menjadi gaya pendidikan saat ini. Sebenarnya justru dalam era modern sekarang, pendidik Kristen harus menerapkan beberapa prinsip dalam Perjanjian Lama yang lebih disiplin dalam hal pendidikan anak. GBI Sumber Sari dalam fungsinya sebagai wadah pendidikan bagi keluarga-keluarga Kristen, mempunyai tugas dan tanggung jawab yang penting dalam upaya memperlengkapi keluarga-keluarga tersebut dalam mendidik anak-anak yang ada keluarga mereka masing-masing agar takut akan Tuhan sejak dini sesuai kebenaran firman Tuhan. Hal ini tertuang dalam visi dan misi Gereja tersebut.
PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMIMPIN BERHATI BAPA TERHADAP PERTUMBUHAN GEREJA Fridianus Kurniadi Saragih
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 1 No. 1 (2018): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v1i1.10

Abstract

Bukan rahasia lagi bahwa kualitas kepemimpinan yang dijalankan oleh seorang pemimpin di berbagai level dan atau tingkatan dalam suatu negara dan organisasi sangat mempengaruhi keberhasilannya dalam menjalankan tugasnya. Dalam perkembangan gereja Tuhan, penulis mengamati bahwa ada banyak pemimpin gereja yang menerapkan hati bapa dalam memimpin gereja yang dipercayakan Tuhan kepadanya. Walaupun demikian pemimpin gereja saat ini, banyakyang telah kehilangan arah yang sesungguhnya. Yang penulis maksudkan di sini adalah pemimpin (gembala sidang) sudah tidak fokus lagi pada pengembangan Kerajaan Allah tetapi lebih fokus pada pengembangan kerajaan dirinya sendiri.
MEMAHAMI FALSAFAH HIDUP MASYARAKAT LAMPUNG "PIIL PESENGGIRI" DALAM KONTEKS BERMASYARAKAT Rudy Roberto Walean
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 1 No. 1 (2018): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v1i1.14

Abstract

Pandangan hidup adalah inti dari kebudayaan dan menjadi landasan hidup masyarakat. Dalam hal masyarakat Lampung, pandangan hidup yang mempengaruhi seluruh kehidupan mereka yaitu Pi-il Pesenggiri. Kepenganutan masyarakat Lampung terhadap Pi-il Pesenggiri ini memberikan corak sikap moral dan budaya mereka yang khas serta berakar dalam budaya masyarakat Lampung. Jika Gereja dan dunia pendidikan ingin menyentuh masyarakat Lampung maka yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan Pi-il Pesenggiri sebagai sarana atau jembatan dalam penjangkauan dengan harapan masyarakat Lampung akan lebih terbuka terhadap berita Injil
PENGALAMAN FORMASI SPIRITUALITAS MAHASISWA TEOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS OLEH DOSEN Donald Manik
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 1 No. 1 (2018): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v1i1.15

Abstract

Pengalaman formasi spiritualitas mahasiswa teologi melalui pembelajaran di kelas oleh dosen. Formasi spiritualitas adalah pembentukan kerohanian, yang dialami oleh setiap orang percaya sepanjang hidupnya melalui berbagai cara yang dipakai Allah dalam karya Roh Kudus, bertujuan mencapai kedewasaan rohani menjadi serupa dengan Kristus. Setiap dosen berperan dalam pembelajaran di kelas agar mahasiswa mengalami formasi spiritualitas melalui pembelajaran yang diampunya. Adapun garis besar hasil studi ini adalah bahwa dosen diharapkan akan lebih meningkatkan peran umumnya dan mempertahankan peran khusus yang diembannya demi memaksimalkan pengalaman formasi spiritualitas mahasiswa melalui pembelajaran di kelas. Mengenai hasil pengalaman formasi spiritualitas dalam diri mahasiswa, seluruh mahasiswa mengaku telah ditolong dalam hal berkomitmen untuk hidup benar dan taat kepada Tuhan. Sedangkan dalam hal semangat melakukan penginjilan perlu mendapat perhatian oleh karena prosentasenya mendekati batas deviasi bawah. Demikian pula dalam hal kesetiaan disiplin rohani dan semangat dalam belajar, hendaknya mendapat perhatian dosen dan memerlukan tindak lanjut karena prosentasenya telah masuk dalam wilayah standar deviasi bawah.
PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: SCL, Pendidikan Agama Kristen Fredik Boiliu
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 6 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v6i1.16

Abstract

Artikel ini bertujuan membahas pendekatan student centered learning dalam pendidikan agama Kristen untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pendekatan Student Centered Learning dalam pembelajaran yang dimaksud disini adalah proses pembelajaran yang dilakukan haru berpusat pada peserta didik bukan guru.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yakni berisi teori-teori relevan terkait dengan masalah. Hasil penelitian akan menguraikan pendekatan SCL dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
STUDI RELASI ANTARA TINDAKAN KELAS DAN SUASANA BELAJAR MENGAJAR Kho Yunus
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 1 No. 1 (2018): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v1i1.17

Abstract

Di lingkungan kelas, guru merupakan faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Guru juga harus mampu menciptakan kondisi lingkungan atau ruang tempat berlangsungnya pembelajaran seoptimal mungkin, dengan kata lain seorang guru harus bisa melakukan tindakan yang tepat di kelasnya dengan baik. Strategi belajar mengajar penting untuk direncanakan dan dilaksanakan guru. Berbeda dengan strategi belajar mengajar yang dilakukan guru, pada dasarnya adalahdalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran. Namun tercapainya tujuan pembelajaran terjadi di dalam kelas yang nyaman dan menyenangkan yang menghasilkan kualitas pembelajaran yang terbaik. Tanpa ada yang kalah, karena guru setelah menyelesaikan pembelajaran merasa senang dan tidak tertekan, semua siswa mendapatkan hasil pembelajaran yangmaksimal. Oleh sebab itu, maka tindakan yang dilakukan guru di dalam kelas sangatlah penting untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar.
METODE PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF TERHADAP ANAK KRISTEN USIA 6 – 12 TAHUN Selviani Anggrainie
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 1 No. 1 (2018): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v1i1.18

Abstract

Pendidikan terhadap anak memiliki corak tersendiri demikian juga halnya dalam pendidikan terhadap pemuda remaja, orang dewasa bahkan lansia. Dibalik semua corak yang ada dalam suatu pendekatan guna pencapaian tujuan pendidikan, memberikan gambaran betapa pentingnya elemen-elemen pendukung seperti materi pembelajaran, metode pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, dan lain sebagainya. Kajian terhadap metode pembelajaran dalam mendidik anak secara efektif menjadi suatu fenomena tersendiri bagi pendidik terhadap yang dididik karena tidak mengherankan dan tidak jarang dijumpai bahwa peserta didik cepat menanggapi suatu proses pembelajaran karena metode yang digunakan sangat menarik, mempermudah pesereta didik untuk memahami maksud ajar dari pendidik. Sebaliknya pemakain metode yang tidak tepat dapat menghambat terjadinya proses pembelajaran.
PENTINGNYA KATEKISASI BAGI PERTUMBUHAN IMAN JEMAAT Yohanes Nahuway
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v2i1.19

Abstract

Katekismus mengajarkan untuk memahami isi Alkitab, yang bertujuan untuk pengembangan, sehingga jemaat memahami firman Allah adalah benar dan mengetahui tugas-tugas mereka di gereja dan sekitarnya. itu adalah untuk mendidik gereja agar menjadi hamba-hamba Allah dengan integritas sehingga mereka dapat memberitakan Firman Allah, dan untuk memberitakan Kristus. Katekismus dan Tuhan Allah dan yang lainnya mampu mempertahankan iman bahkan ketika menghadapi tantangan dan pergumulan berat, tetap setia sampai mati.
Kejahatan Anak-anak Imam Eli Terhadap Pola Asuh Anak-anak Pendeta Fridianus Kurniadi Saragih
MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen dan Gereja Vol. 2 No. 1 (2019): Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62240/msj.v2i1.21

Abstract

Kekristenan adalah bagian melekat di dalam bingkai berbangsa dan bernegara indonesia. Karenanya, orang-orang kristen juga tidak luput sebagai ikut serta menjadi penyebab dari kemerosotan-kemerosotan di atas. Kedua anak imam Eli tidak hidup dalam keluarga yang takut akan Tuhan, perilaku mereka sangat jahat di mata Tuhan, seperti mereka memakan korban persembahan yang akan dipersembahkan kepada Tuhan. Dan perbuatan mereka tersebut merupakan kejahatan dimata Tuhan. Pola Asuh orang tua merupakan pola interaksi antara anak dengan orangtua selama anak dalam pengasuhan. Cara orangtua mendidik, membimbing, mendisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat pada umumnya.