Memahami strategi pengajaran yang digunakan oleh seorang guru atau beberapa guru adalah pengetahuan tentang aplikasi media pembelajaran. Metode adalah cara untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pada hakikatnya, teknik atau metode mengajar adalah cara-cara penyampaian informasi untuk meningkatkan penguasaan konsep, kemampuan, dan sikap (kognitif, psikomotorik, emosional) siswa. Khususnya dalam metode pengajaran di kelas, tujuan, variabel siswa, faktor situasional, dan faktor guru itu sendiri, semuanya mempengaruhi keefektifan suatu metode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik strategi demonstrasi, eksperimen, dan resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini merupakan tinjauan literatur dengan menggunakan metodologi kualitatif. Buku-buku dan publikasi yang membahas prosedur demonstrasi, eksperimen, dan resitasi menjadi sumber data penelitian. Membaca buku-buku yang relevan dan melakukan pencarian manual dan digital digunakan untuk mendapatkan data. Temuan penelitian ini menunjukkan nilai pengajaran mata pelajaran fikih dengan demonstrasi, eksperimen, dan resitasi.
Copyrights © 2023