cover
Contact Name
Technical Support
Contact Email
jurnalpjpi.lapad@gmail.com
Phone
+6283193714008
Journal Mail Official
jurnal.pjpi@lapad.id
Editorial Address
Jl. Tj.Majid Jl. Tj. Barangan, Bukit Baru, Kec. Ilir Barat. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30153
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
ISSN : 29869439     EISSN : 29869528     DOI : -
Core Subject : Education,
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Secara khusus tema yang di membahas tentang : Pembelajaran Pendidikan Islam dan Umum (Islamic and General Education Learning), Manajemen Pendidikan Islam dan Umum (Management of Islamic and General Education), Teknologi Pendidikan Islam dan Umum (Islamic and General Education Technology), Inovasi Pendidikan Islam dan Umum (Innovation in Islamic and General Education), Strategi Pendidikan Islam dan Umum (Islamic and General Education Strategy), Kurikulum Pendidikan Islam dan Umum (Islamic and General Education Curriculum), Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam dan Umum (Figures of Islamic and General Education), Al Quran dan Hadis terkait Pendidikan Islam dan Pendidikan Umum (Al Quran and Hadith related to Islamic Education and General Education), Pendidikan Karakter dan Usia Dini (Character Education and Early Age), Pendidikan Luar Biasa Lainnya (Bencana, Kemasyarakatan, Anti Korupsi, Bela Negara, dll)
Articles 145 Documents
Implementasi Pembelajaran Materi Shalat Wajib Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Batu Ejung Di Desa Batu Ejung Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu Maula Desiono; Oka Julita
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.82

Abstract

Masih banyaknya siswa yang kurang memiliki motivasi untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di Madrasah Ibtidaiyah Batu Ejung menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran materi shalat di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Batu Ejung di Desa Batu Ejung Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya dengan menggunakan Data reduction (reduksi data), Data display (Penyajian data) dan Conclusion Drawing (Verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran materi shalat wajib pada madrasah Ibtidaiyah Batu Ejung dilaksanakan di dalam kelas melalui tahapan kegiatan belajar mengajar yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan penutup dan di luar kelas (aula) melalui program shalat dzuhur berjamaah. Faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi siswa dalam melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, masih banyak siswa yang belum hafal bacaan shalat, kurang adanya motivasi dari dewan guru berupa hadiah, tempat wudhu yang belum memadahi serta pengawasan dari pihak dewan guru yang belum optimal. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya siswa yang memiliki kesadaran melaksanakan shalat dan adanya hadiah dari guru fiqih serta adanya program pembiasaan menghafal bacaan shalat dan membaca al-Qur’an menjelang waktu sholat tiba dan adanya sanksi bagi yang tidak mengikuti pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah di aula.
Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam Luthfiyyah Azzahra; Dodi Irawan
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.83

Abstract

Pendidikan adalah kegiatan belajar dan pengetahuan yang dilakukan dengan sengaja, cermat, terencana dan diwariskan secara turun-temurun melalui pengajaran dan juga usaha sadar yang mengakibatkan manusia dari tidak tahu menjadi tahu. menghancurkan bangsa dan mereka dapat mengetahui yang baik dan yang buruk. Sedangkan pendidikan agama Islam dapat membawa keselamatan dunia dan akhirat, serta menjadikan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia. Al-Qur'an adalah firman Allah atau firman Allah yang berisi kisah-kisah para nabi dan juga mencerahkan kita sebagai manusia itu sendiri. Sedangkan anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-6 tahun, dimana anak pada usia tersebut memiliki daya ingat yang kuat namun biasanya menggunakan metode mendengar. Nah disini anak-anak harus dikenalkan dengan Al-Qur'an agar nantinya lebih mudah menghafal dan yang penting bisa membaca Al-Qur'an yang akan mengantarkan ke akhirat nanti. dan juga nantinya berkaitan dengan pendidikan agama Islam itu sendiri ketika sudah masuk SD-SMA atau untuk studi lanjut, dimana Al-Qur'an digunakan untuk kegiatan kita beribadah kepada Allah seperti sholat dll. Metode penelitian yang saya ambil adalah metode kualitatif dimana saya mengamati langsung dan terjun ke lapangan, sehingga saya mengetahui bagaimana anak-anak dapat mempelajari proses pembelajaran Al-Qur'an sejak dini.
Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa Hesti Angggraini
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.84

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, karena pendidikan merupakan perantara untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Pada prinsipnya setiap manusia berkeinginan untuk belajar, tanpa mengenal usia dan tempat, karena pendidikan sejatinya tidak bisa lepas dari kehidupan. Secara implisit manusia dianjurkan agar selalu belajar, bahkan sampai akhir hayatnya. Sekolah adalah sarana pendidikan formal supaya manusia dapat mengembangkan potensi dirinya dengan bantuan guru yang akan mengarahkannya dan membantunya. Peran guru Bimbingan Konseling dan upaya penanganan kenakalan siswa di sekolah. Peran yang ditujukan di sini maksudnya adalah suatu bagian yang memegang pimpinan terhadap terjadinya suatu peristiwa. Artikel ini merupakan jenis penelitian pustaka yang berfokus pada proses peran guru bimbingan dan konseling membantu mengurangi kenakalan siswa dengan mengumpulkan data-data dari buku, artikel dan jurnal. Temuan yang di dapatkan guru BK adalah orang yang terdepan menagani kenakalan siswa dan tidak terlepas dengan stakeholder di dalam sekolah dan luar sekolah.
Pendampingan Peningkatan Semangat Belajar Bagi Peserta Didik Di Smp Negeri 03 Tanjung Batu Desa Sentul Kecamatan Tanjung Batu Aji Anasri
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.85

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang utuh dalam membangun kemampuan intelektual sekaligus kepribadian anak supaya menjadi lebih baik. Pelaksanaan kegiatan pendidikan sebagian besar telah dilakukan dalam sekolah formal, namun tidak selamanya pendidikan disekolah formal berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Ada sebagian anak terkadang mengalami hambatan dan kesulitan dalam belajar, seperti hambatan berprestasi dan kurangnya motivasi untuk belajar. Dalam bidang pendidikan, tidak selamanya pendidikan di sekolah berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Pelaksanaan kegiatan pendampingan pembelajaran sebagai upaya peningkatan fasilitas pendidikan Di smp N 03 tanjung batu. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan dapat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan belajar harus dilakukan dengan pendampingan dari guru, orang tua, orang lain, agar siswa memiliki rasa semangat dalam belajar, karena peran pendampingan sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan belajar anak. hal inilah yang menjadi dasar kegiatan pengabdian dalam upaya mengatasi masalah pendidikan di tengah dengan menerapkan kegiatan pendampingan yang ada Di smp N 03 tanjung batu juga memperjelaskan bahwa pendampingan merupakan kewajiban yang mutlak untuk memengaruhi laju perkembangan anak.Tujuan dari artikel ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan pada situasi saat ini. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa IAIQI Indralaya. Dari keempat program tersebut telah terlaksana dengan baik serta memberikan manfaat dan dampat posistif bagi anak-anak desa sentul kec, tanjung batu ogan ilir..
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prilaku Keagamaan Peserta Didik Dodi Irawan; Rahayudiyah Nastasya
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.93

Abstract

Perkembangan media sosial semakin hari semakin banyak peminatnya hingga mencapai masa kejayaannya dan digunakan dalam berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan dan keagamaan Media sosial saat ini memiliki berbagai bentuk dan fungsi untuk memuaskan penggunanya. Namun yang paling banyak dikenal dan digandrungi kalangan remaja terutama oleh kalangan pelajar adalah Twitter, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan yang terbaru. Kemudahan akses jaringan saat ini membuat mahasiswa lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa memikirkan dampak positif dan negatif dari media sosial. Media sosial dalam penggunaan media sosial memiliki plus minus tergantung pada etika atau aturan pengguna ketika berinteraksi dengan media sosial, namun perlu memberikan solusi pendidikan agama Islam yang memperkuat siswa dalam penggunaan media sosial. Penelitian ini membahas tentang penggunaan media sosial yang digemari oleh para remaja khususnya mahasiswa. Di dalamnya terdapat berbagai macam informasi, salah satunya informasi religi yang disebarkan oleh akun-akun video dakwah. Banyak sekali kelompok Islam yang menyebarkan berita Islam melalui akun video dakwah. Selain berdakwah, mereka juga menanamkan pemikiran-pemikiran tentang profesinya yang nantinya dapat mempengaruhi sikap religius khalayaknya, termasuk para remaja yang dapat berpikir kritis, khususnya mahasiswa. Sikap religius yang dimaksud adalah tentang ibadah, toleransi, dan pengalaman beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya penggunaan media sosial whatsapp berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Padang Nibung Kecamatan Bunga Mas Bengkulu Selatan Nenda Pita Loka; Feky Fuji Astuti; Ridha Fadila Putri
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.94

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dari keadaan lingkungan dan perkembangan Teknologi Terhadap Akhlak Remaja di Desa Padang Nibung Kecamatan Bunga Mas Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode kualitatif, yang menjadi responden penelitian ini adalahremaja di Desa Padang Nibung Kecamatan Bunga Mas Bengkulu Selatan. Bertujuan untuk mengetahui Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Akhlak RemajaDi Desa Padang Nibung Kecamatan Bunga Mas Bengkulu Selatan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Dampak positif perkembangan teknologidi Desa Padang NibungKecamatan Bunga Mas Bengkulu Selatan, yaitu : Pertama,remaja dapat belajar cara beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola pertemanan. Kedua, memudahkan anak dalam kegiatan belajar. Ketiga,bisa untuk berdiskusi dengan teman-temannya. Keempat,bisa menambah pengetahuan.Kelima, memudahkan berkomunikasi dengan waktu yang cepat. (2)Dampak Negatif perkembangan teknologidi Desa Padang NibungKecamatan Bunga Mas Bengkulu Selatan,yaitu:banyaknya anak yang menggunakan media sosial bukan untuk belajar akan tetapi untuk kesibukan mereka di jejaring sosial dan game. Kedua, membuat anak kurang disiplin dan mudah mencontek karya-karya orang lain. Ketiga, membuat remaja lupa waktu. Keempat, membuat remajatidak sopan dengan orang tua. (3) Dampak akhlak terhadap perkembangan teknologidi Desa Padang NibungKecamatan Bunga Mas Bengkulu Selatan, yaitu :remaja lalai akan tugas sekolah, malas belajar, sering datang terlambat ke sekolah, tidur di dalam kelas bahkan berkata-kata kotor, kurang memiliki sopan santun dan orang tua yang kurang mengawasi penyimpangan anak dalam pengunaan handphone.
Penggunaan Metode Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Rindi Atika; Agustri Regita Cahyani; Dian Puspita Sari; Fadhilah Izzah Khairunnisa; Ida Arba’a Chodijah; Dwi Noviani
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.133

Abstract

Dalam perkembangannya, model, pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI khususnya di lembaga pendidikan formal hanya bersifat operasional dan teknis sehingga materi pembelajaran PAI mengalami involusi atau penyampaian materi PAI yang statis dan monoton. Pendekatan, strategi dan metode PAI harus saling terkait dengan visi, materi, kurikulum, sarana prasarana, dan evaluasi pendidikan agar diperoleh kualitas yang optimal, sehingga pembelajaran PAI yang dilaksanakan di lembaga pendidikan formal dan nonformal mampu memberikan landasan teori bagi konsep PAI agar pembelajaran PAI mengalami perkembangan dan transformasi menjadi lebih baik. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, data penelitian berasal dari sumber primer dan data sekunder. Kemudian data diolah dengan analisis isi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan quantum teaching dalam pembelajaran PAI dapat dilihat pada 8 keunggulan utama yang ada pada quantum teaching, 8 kunci memberikan cara yang bermanfaat untuk mendapatkan keharmonisan dan kerjasama. 8 kunci menetapkan kerangka kerja untuk lingkungan yang saling mendukung dan percaya di mana setiap siswa dihargai dan dihormati. Sehingga pembelajaran dapat berlangsung tanpa adanya ancaman. 8 kunci keunggulan adalah Integritas (kejujuran), kegagalan awal kesuksesan, berbicara dengan niat baik, hidup saat ini, komitmen, tanggung jawab, fleksibel dan seimbang
Peran Sekolah dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pada SMK Bina Sriwijaya Violeta Nirmala
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.135

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kenakalan remaja pada SMK Bina Sriwijaya di Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang ada dapat disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMK Bina Sriwijaya Palembang, yaitu pelanggaran terhadap peraturan tata tertib sekolah, pelanggaran terhadap kegiatan belajar mengajar, pelanggaran terhadap ketentraman sekolah dan pelanggaran terhadap etika dengan warga sekolah. Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja di SMK Bina Sriwijaya yaitu faktor internal pada diri siswa itu sendiri, dan faktor eksternal dalam hal ini faktor lingkungan keluarga serta lingkungan sosial (pergaulan antar siswa di sekolah). Adapun tindakan-tindakan yang dilakukan untuk menanggulanginya meliputi tidakan Prefentif, represif, kuratif, Kendala sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMK Bina Sriwijaya yaitu keterbatasan dalam memberikan bimbingan karakter pada siswa saat pembelajaran di sekolah, kurang proaktifnya orang tua/wali siswa tentang riwayat kehidupan anak (siswa).
Aplikasi Metode Inquiry; Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqih Hairunnisa Agista; Nyiayu Alya Haliza; Natasya Arobia Husaini; Dwi Setiawati; Dwi Noviani
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.136

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam mengenai konsep dasar metode inquiry, kelebihan dan kelemahannya serta aplikasinya dalam pembelajaran Fiqih. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode library research. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Inquiry merupakan sebuah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara sistematis, kritis, logis dan analitis dalam merumuskan suatu masalah dan menemukan jawaban. Penerapan metode Inquiry dalam pembelajaran Fiqih mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam memperoleh dan memproses perolehan belajar dengan cara mempelajari masalah tertentu yang dipelajari dalam kelompok ahli sampai generalisasi terhadap objek tertentu yang kemudian didiskusikan dalam kelompok asal.
Aplikasi Metode Demontrasi, Eksperimen Dan Resitasi: Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqh Ayu Riska Diana; Sherly Oktaviani; Seftrianti; Heni Herliza; Sucia Indah Lestari; Dwi Noviani
Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Vol. 1 No. 1 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/pjpi.v1i1.137

Abstract

Memahami strategi pengajaran yang digunakan oleh seorang guru atau beberapa guru adalah pengetahuan tentang aplikasi media pembelajaran. Metode adalah cara untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pada hakikatnya, teknik atau metode mengajar adalah cara-cara penyampaian informasi untuk meningkatkan penguasaan konsep, kemampuan, dan sikap (kognitif, psikomotorik, emosional) siswa. Khususnya dalam metode pengajaran di kelas, tujuan, variabel siswa, faktor situasional, dan faktor guru itu sendiri, semuanya mempengaruhi keefektifan suatu metode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik strategi demonstrasi, eksperimen, dan resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini merupakan tinjauan literatur dengan menggunakan metodologi kualitatif. Buku-buku dan publikasi yang membahas prosedur demonstrasi, eksperimen, dan resitasi menjadi sumber data penelitian. Membaca buku-buku yang relevan dan melakukan pencarian manual dan digital digunakan untuk mendapatkan data. Temuan penelitian ini menunjukkan nilai pengajaran mata pelajaran fikih dengan demonstrasi, eksperimen, dan resitasi.

Page 1 of 15 | Total Record : 145