AbstrakKemajuan jaman dan berkembangnya teknologi otomotif, membuat kehidupan dunia otomotif semakin dinamis. Bahan yang digunakan untuk membuat mobil waktu itu masih berupa kayu, kemudian berganti menjadi besi baja yang memiliki kekuatan baik, akan tetapi memiliki kelemahan bobot yang berat. Kemudian bergeser menggunakan bahan plat eyser, berkembang menggunakan bodi alumunium, maupun sekarang tren dengan bodi fiberglass yang memiliki bobot sangat ringan, bahan yang tidak mudah terbakar. Serat jenis ini biasanya digunakan sebagai penguat matrik jenis polymer. Komposisi kimia serat gelas sebagain besar adalah SiO2 dan sisanya adalah oksida-oksida alumunium (Al), kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na), dan unsur-unsur lainnya, serat E-Glasss jenis serat yang dikembangkan sebagai penyekat atau bahan isolasi, Serat C glass jenis serat yag mempunyai ketahanan yang tinggi bentuk kendaraan berkembang sangat bervariasi, Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan Sebuah “Lomba mobil irit hemat energi” tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. KMHE yang populer dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) adalah kontes mobil hemat energi yang diselenggarakan setiap tahun yang dimulai pada tahun 2012 hingga sekarang, Salah satu bagian utama dari komposit adalah reinforcement (penguat) yang berfungsi sebagai penanggung beban utama pada komposi pembuatan bodi mobil urban tuxuci, desain bodi,desain bagian depan,desain bagian samping. Kata Kunci : Bodi mobil, Composite, Fiberglass, produksi.
Copyrights © 2014