Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi
Vol 11, No 2 (2023)

EFEKTIVITAS CHATBOT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI E-BISNIS PRODUK SKINCARE DENGAN SISTEM CRM PADA MARKETPLACE SHOPEE

Lintang Aprilia Putri (Universitas Trunojoyo Madura)
Arinda Pramudia Wardani (Universitas Trunojoyo Madura)
Wildatun Firdausiyah (Universitas Trunojoyo Madura)
Dyah Anggraeni (Universitas Trunojoyo Madura)
Citra Nurhayati (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini untuk mengkaji seberapa efektif Chatbot sebagai media komunikasi antara penjual dan pembeli produk skincare di marketplace Shopee. Chatbot adalah bentuk pelayanan pelanggan berupa auto reply chat. Chatbot merupakan salah satu strategi bisnis berupa CRM ( Customer Relationship Management ) yang digunakan sebagai customer service . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuisioner kepada pelanggan sebanyak 32 orang. Teknik pengolahan data menggunakan program komputer SPSS 26 berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana, uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi, dan uji simultan (uji F).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan layanan chatbot produk perawatan kulit di marketplace shopee memiliki pengaruh yang signifikan dalam menjamin kepuasan pelanggan. Untuk itu, bisnis atau penjual harus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan agar tetap puas dan menumbuhkan loyalitas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refrensi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi ISSN 2548-6052 (online), ISSN 2089-0532 (cetak), adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang ilmu manajemen dan akuntansi. Scope jurnal terdiri dari manajemen, manajemen produksi, manajemen ...