Publikasi ilmiah menjadi sangat penting peranannya dalam pengembangan keilmuan maupun pengembangan profesionalisme dan karir guru. Sayangnya, kemampuan guru dalam merumuskan ide penelitian, menentukan desain penelitian, menetapkan dan melakukan pengambilan data, mengembangkan instrumen penelitian, serta melalukan analisis data yang sesuai dengan jenis penelitian menjadi faktor penghambat yang utama untuk menghasilkan karya ilmiah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan metodologi penelitian pendidikan guru di SMAN 1 dan SMAN 2 Grabag, Kabupaten Magelang. Metode pengabdian menggunakan model In House Training yang meliputi 3 fase kegiatan yaitu fase perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman peserta mengenai pentingnya memahami metodologi penelitian untuk menghasilkan karya ilmiah meningkat sebesar 39,79%. Selain itu, terdapat peningkatan sebanyak 43,81% pada aspek pemahaman peserta terhadap ragam metodologi penelitian pendidikan. Dengan demikian, kegiatan pengabdian yang dilakukan mampu memberikan ruang dan kesempatan bagi guru untuk merefresh kembali pengetahuan teoritis dan praktis dalam mengembangkan kemampuannya dalam meneliti.
Copyrights © 2024