Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 1, No 1 (2023)

PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA

Khairi, Rizka (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Sulaikha Marito, Sulaikha (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Ibrahim, Nurul Fadhila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
09 May 2024

Abstract

Bangsa Indonesia yang kita ketahui pancasila dapat dinyatakan sebagai kausa materialis karena nilai-nilai essensial yang terkandung di dalam Pancasila ada lima yaitu: Ketuhananan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan keadilan sosial secara objektif pula itu sudah dimiliki oleh Bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum mendirikan negara. Nilai-nilai tersebut kemudian diangkat dan dirumuskan secara formal oleh para pendiri negara untuk dijadikan sebagai dasar filsafat negara Indonesia. karena pancasila merupakan suatu hal yang sangat penting, maka pemahaman Pancasila harus dilakukan secara utuh dan ada kaitannya dengan jati diri Bangsa Indonesia. Di sisi lain, menurut sejarah bangsa Indonesia pada saat itu sudah medirikan dua kerajaan yaitu kerajaan sriwijaya di sumatera selatan dan kerajaan majapahit di jawa timur. Dua kerajaan ini di bangun dalam dua zaman yang di mana Era tersebut memiliki arti penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena memenuhi syarat berdirinya suatu bangsa yang bernegara. Dan sudah mengalami kehidupan masyarakat yang sejahtera serta memiliki wilayah yang meliputi seluruh nusantara.Kata Kunci: Pancasila, causa materialis, dasar filsafat Negara Indonesia, nilai-nilai pancasila pada masa jayanya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnaltips

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial aims to publish and disseminate original works and current issuess on the subject of research and studies in the field of education and social science including Studies in science, teaching and learning, educational philosophy, educational ...