Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penggunaan gadget dan aktivitas penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar PPKN. Guru perlu mengetahui dan memahami metode belajar siswa serta membimbing pendidikan tentang penggunaan media sosial bagi siswa agar tidak berdampak negatif terhadap perilaku belajar siswa. Penelitian ini diterapkan melalui metode kuesioner melalui media kuesioner kepada responden. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa SMK se- Kecamatan kelas Nongsa. Teknik yang digunakan penulis adalah penelitian Casual-Comparative. Merupakan teknik penelitian yang permasalahannya ditandai dengan adanya korelasi sebab akibat antara variabel bebas dan variabel terikat (Indriantoro & Supono, 1999). Metode penelitiannya adalah kuantitatif. Setelah mengumpulkan hasil dari responden, selanjutnya penulis melakukan kualitas data dengan bantuan software SPSS24 dan hasil SPSS24 yang penulis gunakan disimpulkan ada hubungan signifikan atau tidak dari variabel yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran aktif, pedoman pendidikan dan peraturan sekolah tentang penggunaan gadget dan penggunaan media sosial yang baik pada siswa mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku belajar pada siswa di PPKn sekolah. Penggunaan gadget mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku belajar dalam hal sikap mengumpulkan tugas dengan cepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023