Karakter peserta didik, sebagai dimensi kejiwaan dan budi pekerti, memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan dan menjadi dasar kekuatan bangsa Indonesia. Meskipun pendidikan karakter mengalami penurunan perhatian, SDN Sidasari 01 berhasil menciptakan keunggulan dengan mengintegrasikan pembelajaran Matematika dalam kegiatan sehari-hari, membentuk karakter kreatif, mandiri, dan ulet. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembentukan karakter serta karakteristik yang muncul dalam pembelajaran matematika di SDN Sidasari 01. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi pengembangan literasi numerik pada siswa kelas atas. Metode penelitian kualitatif dengan fokus pada pengembangan karakter dan literasi numerik melibatkan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasilnya diharapkan memberikan wawasan baru tentang pendidikan karakter melalui pembelajaran Matematika, solusi untuk mengatasi kesulitan peserta didik, dan kontribusi pada peningkatan mutu pendidikan, khususnya matematika.
Copyrights © 2024