Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Karakter dan Literasi Numerik dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa di SDN Sidasari 01 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap

Windari, Windari (Unknown)
Wiyani, Novan Ardiy (Unknown)
Yumiati, Yumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Karakter peserta didik, sebagai dimensi kejiwaan dan budi pekerti, memiliki peran sentral dalam dunia pendidikan dan menjadi dasar kekuatan bangsa Indonesia. Meskipun pendidikan karakter mengalami penurunan perhatian, SDN Sidasari 01 berhasil menciptakan keunggulan dengan mengintegrasikan pembelajaran Matematika dalam kegiatan sehari-hari, membentuk karakter kreatif, mandiri, dan ulet. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembentukan karakter serta karakteristik yang muncul dalam pembelajaran matematika di SDN Sidasari 01. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi pengembangan literasi numerik pada siswa kelas atas. Metode penelitian kualitatif dengan fokus pada pengembangan karakter dan literasi numerik melibatkan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasilnya diharapkan memberikan wawasan baru tentang pendidikan karakter melalui pembelajaran Matematika, solusi untuk mengatasi kesulitan peserta didik, dan kontribusi pada peningkatan mutu pendidikan, khususnya matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...