Pendidikan merupakan asset jangka panjang yang berguna untuk proses pembangunan nasional. Pembangunan nasional, sejalan dengan berkembang pesatnya pendidikan dan teknologi, pembangunan di Indonesia berdasarkan ketersediannya sumber daya manusia yang berpengetahuan, wawasan luas dan berketerampilan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode inquiry pada peserta didik kelas IV MI Salafiyah Cirebon. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang terdiri dari 483 orang. Berdasarkan analisis hasil perhitungan, diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar peserta didik 71,43% masuk dalam kategori baik, dan sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 92,86% pada presentase ini masuk kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data hasil observasi, terbukti bahwa menggunakan metode Inquiry terbimbing dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran IPA kelas IVA MI Salafiyah Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kesimpulan dari penelitian ini penggunaan metode Inquiry terbimbing diketahui dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA kelas IV semester II.
Copyrights © 2023