Kuliner merupakan aspek yang erat kaitannya dengan kegiatan memasak. Kota ambon memiliki sejumlah tempat makan yang seringkali membuat pengunjung dan beberapa penduduk lokal merasa kesulitan dalam menentukan lokasi tempat kuliner serta memilih hidangan yang mereka inginkan. Oleh sebab itu, tujuan dari aplikasi ini mampu membantu pengunjung dalam menemukan tempat kuliner terdekat serta dapat memilih makanan sesuai dengan keinginan mereka. Dalam memecahkan persoalan menemukan tempat kuliner terdekat algoritma yang di gunakan adalah algoritma greedy sedangkan untuk untuk bahasa pemrograman dan database yang dipergunakan pada pengembangan aplikasi ialah php dan mysql untuk membangun tampilan website. Selain itu, aplikasi mobile dibangun menggunakan android studio. Model pengembangan aplikasi yang dipergunakan ialah model proses prototype. Tahapan penelitian melibatkan komunikasi, perencanaan awal, desain, konstruksi prototype, dan tahap akhir berupa pengiriman, penyebaran, serta pengumpulan umpan balik. Hasil yang diperoleh dari pengembangan aplikasi ini mampu mengoptimalkan kebutuhan pengunjung atau masyarakat lokal untuk mencari rekomendasi tempat kuliner yang ada di kota ambon dengan pemilihan jarak, waktu dan rute terpendek untuk meminimalisir biaya transportasi menuju tempat kuliner yang ada di kota ambon.Kata Kunci: Kuliner, Algoritma Greedy, Prototype, MySQL
Copyrights © 2024