Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pemberantasan kenakalan remaja di SMK TI PGRI 11 SERPONG. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru selain guru dalam pendidikan Pâncășila dan kewarganegaraan khususnya dalam mengatasi masalah kenakalan remaja di SMK TI PGRI 11 SERPONG. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan rekaman. Data observasi dan data wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan derivasi/kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian : 1. SMK TI PGRI 11 SERPONG Peran guru PKn dalam pencegahan kenakalan remaja sebagai pembimbing, teladan, motivator dan komunikator bagi siswa. 2. SMK TI PGRI 11 SERPONG Hambatan yang dihadapi guru pendidikan kewarganegaraan dalam menangani kenakalan remaja antara lain adalah anak itu sendiri, lingkungan orang tuanya, cara orang tua membesarkan anaknya di rumah, ketatnya guru sekolah dalam menegakkan aturan, dan gaya aturan. dari kehidupan siswa. dan peraturan. Termasuk item terkait. Karena melanggar pengaruh lingkungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024