Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2, Nomor 2, Mei 2022

Penerapan Model Example and Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V SD Negeri Krejengan Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo Semester II Tahun 2021/2022

Muhtarom, Tamim (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SD Kerjengan probolingo ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menerapkan model example and non example. Tujuannya yakni untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika dengan materi pokok menghitung volume kubus dan balok untuk siswa kelas V SD Negeri Krejengan Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yakni Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan beberapa siklus dan masing – masing siklus memiliki 4 langkah (planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi)). Sebelum masuk pada siklus 1 dilakukan pra tindakan dengan perolehan nilai yang tidak memuaskan, sehingga diperlukan tindakan pendahuluan berupa identifikasi permasalahan. Hail siklus I rata-rata nilai 59,1 dengan prosentase ketuntasan 34,8% yaitu 8 orang dari 23 siswa. Pada siklus II rata-rata nilai 72,2 dengan persentase ketuntasan 96% yaitu 20 orang dari 23 siswa. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 51,78% dan aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai 39%. Sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami kenaikan yaitu 87% dan aktivitas guru 94,64%. Hal ini menunjukkan jika model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan juga aktivitas guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...