Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2, Nomor 2, Mei 2022

Upaya Meningkatkan Hasil belajar Seni Budaya Tentang Seni Tari Kreasi dengan Penerapan Metode Direct Learning pada Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Irawati, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Beberapa guru masih belum menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Hasil observasi yang dilakukan di Kelas XI MIPA 3 SMA pada pembelajaran seni budaya tentang seni tari menunjukkan hanya 6 dari 29 siswa yang mendapatkan nilai sesuai KKM. Pada kasus ini guru kurang memberikan penekanan yang jelas tentang seni tari kreasi. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa dilakukan perbaikan pembelajaran salah satunya dengan menerapkan metode Direct Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan nilai post test diperoleh persentase nilai diatas KKM pada siklus I sebesar 65,5% dan pada siklus II 93,1%. Nilai ini menunjukkan bahwa penerapan metode Direct Learning pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...