Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Strategi Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa tentang Tembang Macapat Dhandhanggula dengan Memanfaatkan Model Pembelajaran Direct Learning pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019

Nurkasanah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa terhadap mata pelajara Bahasa Jawa materi tembang macapat dhandhanggula dengan menggunakan model pembelajaran direct learning pada siswa kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini didasari oleh masih rendahnya nilai ketuntasan siswa akan materi tersebut. Diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran direct learning maka nilai siswa dapat meningkat. Metode yang digunakan yakni penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Siklus yang digunakan sebanyak 2 dan masing – masing siklus memiliki tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil tindakan dengan model pembelajaran direct learning menunjukkan hasil jika dengan penerapan metode ini dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Pada siklus I nilai ketntasan siswa yakni 61,4% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 93,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...