Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Peningkatan Prestasi Belajar PJOK Materi Permainan Bola Voli Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VI Semester I Tahun 2015/2016 Di Sdn 1 Pucanganak Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek

Suyani, Suyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara obyektif tentang peningkatan prestasi belajar PJOK materi permainan bola voli melalui metode demonstrasi pada siswa Kelas VI Semester I Tahun 2015/2016 Di SDN 1 Pucanganak Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktekkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui demonstrasi. Dalam penelitian tindakan kelas ini, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model belajar demonstrasi dalam pembelajaran PJOK terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bola voli yaitu meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I 73.13 meningkat sebesar 4.56 pada siklus II menjadi 77.69. Ketuntasan klasikal pada siklus I 68.75% meningkat sebesar 25.00% pada siklus II menjadi 93.75%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...