Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Peningkatkan Kemampuan Menulis Puisi melalui Penerapan Pendekatan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Kelas VIII-J SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Sriatin, Sriatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Telah dilakukan pengamatan pada siswa kelas VIII-J SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 khususnya pada belajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis puisi. Dan didapatkan hasil jika hasil nilai belajar siswa yang ditunjukkan melalui nilai ketuntasan siswa masih rendah. Ini disebabkan karena siswa masih kebingungan cara menulis puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu guru mengembangkan model pembelajaran dengan menggunakan contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini menggunakan PTK denagn 2 siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode CTL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cara menulis puisi dapat meningkatkan keaktifan dan juga nilai ketuntasan siswa kelas VIII-J SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...