Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022): Volume 2, Nomor 3, Agustus 2022

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya yang Memuat Menggambar Flora, Fauna dan Benda Alam dengan Penerapan Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) pada Siswa Kelas VIII-A Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulun

Wulandari, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan pada siswa kelas VIII-A Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal yang menajdi dasar penelitian ini karena nilai kekatifan siswa dan juga nilai siswa masih rendah kemungkinan ini disebabkan karena siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran seni budaya materi mengambar flora, fauna dan benda alam. Hasil ini juga diperkuat dengan hasil observasi kepada siswa yang telah dilakukan sebelum tindakan bahwa sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya mencapai 28,0%. Prosentase tersebut sangatlah rendah dan ditingkatkan dengan pengembangan metode pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE). Penelitian menggunakan PTK dengan 2 siklus dan pada masing – masing siklus terdiri dari beberapa tahap diantaranya perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penerapan metode pembelajaran CORE dapat meningkatkan keaktifan siswa dan juga nilai ketuntasan siswa. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 68,0% dan pada siklus II meningkat lagi mencapai 88,0% pada mata pelajaran seni budaya materi mengambar flora, fauna dan benda alam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...