Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Penerapan Metode Self Check Dengan Bantuan Rekaman Video Sebagai Upaya Mengatasi Masalah Siswa Yang Lambat Belajar Gerak Teknik Dasar Pencak Silat Pada Siswa Sman 1 Kauman Kelas XI MIPA 2 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018

Ali, Makrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Metode mengajar (self check) periksa diri diciptakan oleh hubungan siswa dengan guru yang dikembangkan dengan memeriksa sendiri tugas yang diberikan guru kepada siswa, keputusan selanjutnya dipindah kepada siswa agar lebih bertanggung jawab. Siswa melaksanakan tugas dan menyesuaikan dengan kriteria yang dibuat oleh guru sebagai umpan balik. Hal ini sangat berguna bagi siswa untuk tidak tergantung pada umpan balik dari luar, dan memulai menggunakan umpan balik dari dirinya sendiri yang akan sangat membantu dalam belajar keterampilan teknik dasar pencak silat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Kauman Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X.MIPA 2 semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode self check dengan bantuan rekaman video bisa mengatasi masalah siswa yang lambat belajar gerak teknik dasar pencak silat yang ditunjukkan dengan peningkatan yang terjadi sebesar 13.50%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan metode lainnya dengan upaya peningkatan keterampilan gerak teknik dasar pencak silat siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...