Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 2 No 4 (2022): Volume 2, Nomor 4, November 2022

Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division pada Siswa Kelas IV SD Negeri Plaosan III Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019

Mathori, Mathori (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Plaosan III Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015 pada materi globalisasi masih rendah. Hal tersebut perlu ditingkatkan dan salah satu solusi yang diterraokan guru dengan menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Sudah banyak penelitian tindakan yang menunjukkan hasil jika penerapan model pembelajaran STAD ini telah dapat meningkatkan nilai ketutasan siswa. Hal ini juga didukung dengan keaktivan siswa yang semakin meningkat pula. Pada penelitian kali ini diterapkan model pembelajaran STAD yang diiharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Plaosan III Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran PKn. Hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai siswa mengalami peningkatan diatas KKM dan siswa pun keaktifannya juga meningkat. Hal ini bisa dilihat pada siklus I bahwa siswa yang tuntas belajar sebanyak 66,67% dengan rataan nilai 70,67. Sedangkan pada siklus II rataan nilai siswa 81,67 dengan ketuntasan belajar sebanyak 93,33%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...