Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2, Mei 2023

Penggunaan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Berfikir Kritis pada Pelajaran IPS

Siti Nuriyah (SMPN 2 Blitar)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kajian ilmu yang rasional mencakup kajian ilmu geografi, sosiologi, ekonomi, sejarah dan antropologi yang tergabung atau terintegrasi dalam satu kesatuan yang utuh dalam kehidupan sehari hari di sekolah. Permasalahan permasalahan dalam kajian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di mana siswa dapat menyelesaikan permasalahan permasalahan dalam kehidupan sehari hari terkait dengan keluarga, lingkungan, dan masyarakat yang dekat dengan lingkungan belajar sekitarnya. Metode problem solving merupakan metode pembelajaran dimana siswa diberikan masalah masalah nyata yang berkaitan dengan permasalahan permasalahan terkini sesuai dengan materi IPS. Untuk pemahaman kajian kajian materi tersebut guru dapat memberikan pembelajaran dengan memberikan permasalahan dimana siswa dapat mencari solusi penyelesaian dengan kemampuan inteltualnya. Mencari solusi penyelesaian tersebut dapat melatih siswa untuk berfikir kritis mensikapi berbagai permasalahan permasalahan yang ada dalam kajian pembelajaran IPS. Dengan metode problem solving terjadi peningkatan dalam berfikir kritis dalam pelajaran IPS

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...