Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2, Mei 2023

Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menemukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung pada Siswa Kelas IV SD Negeri Candirejo 04 Tahun Pelajaran 2022-2023

Samsi Mustofa (UPT SD Negeri Candirejo 04)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Candirejo 04, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar yang berjumlah 17 siswa. Sumber data adalah siswa, proses pengajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif untuk analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles Huberman. Ketuntasan klasikal pada pra tindakan sebesar 41,18%. Ketuntasan klasikal kemudian meningkat sebesar 64,71% pada siklus I, dan dilanjutkan siklus II dengan persentase 82,35%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung siswa kelas IV SDN Candirejo 04, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Kontribusi penerapan model discovery learning untuk dijadikan referensi, masukan dan pengembangan dalam berbagai kegiatan pembelajaran di kelas, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...