SmartComp
Vol 13, No 1 (2024): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer

Analisis Kepuasan Pengguna (User-Centered) Sistem E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa FTI UNISKA Banjarmasin

Alamsyah, Nur (Unknown)
Muflih, M (Unknown)
Rosadi, Muhammad Edya (Unknown)
Ariani, Alma (Unknown)
Agustina, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna (user-centered) sistem e-commerce dengan studi kasus pada situs belanja online Shoope, Tokopedia dan Lazada terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa FTI UNISKA Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan kuesioner yang dibagikan secara online kepada 127 responden yang terdiri dari mahasiswa FTI UNISKA Banjarmasin. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi. Penelitian ini menggunakan jenis Business-to-Consumer (B2C) dan Consumer-to-Consumer (C2C) di mana produk atau jasa dijual oleh perusahaan kepada konsumen akhir dan konsumen bisa juga menjual kembali kepada konsumen lainnya. Contoh: Tokopedia, Bukalapak, Shopee. Setelah melakukan analisis dan pengujian, dapat disimpulkan dari 13 komponen identifikasi terhadap keputusan pembelian secara online, aplikasi Shopee yang lebih Puas atau dibeli oleh responden  sebesar 80 % dan hasil ini dapat dijadikan rujukan oleh pengembang aplikasi marketplace yang ada di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

smartcomp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Smart Comp(p-ISSN: 2089-676X, e-ISSN:2549-0796) is a nationally peer reviewed computer science journal open for researchers from the field of Information Technology, Computer Engineering, Informatics Engineering, Electrical & Electronics Engineering and related researches. Smart Comp has been ...