PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan
Vol 16, No 2 (2021): Jurnal PKn Progresif Volume 16 Nomor 2 Desember 2021

Program Literasi Baca Tulis dalam Membentuk Civic Disposition

Sandra Widi Tama (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini tentang civic disposition yang ditunjukkan peserta didik dalam program literasi baca tulis tepatnya di SMP Islam Baitul Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena bertujuan untuk menganalisis suatu peristiwa yang terjadi di lapangan dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus milik Robert K. Yin, yaitu penjodohan pola. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil ini meliputi: (a) Bentuk kegiatan program literasi baca tulis terdiri dari, yaitu tahap kegiatan, dinding literasi, dan lomba literasi, (b) Program literasi baca tulis dalam membentuk civic disposition lebih tampak semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, (c) Kendala dari aspek peserta didik kurang memiliki kesadaran diri dengan upaya pendidik memberikan pengertian dan pemahaman ke peserta didik, kendala dari aspek sarana buku-buku kurang bervariasi dengan upaya penyediaan buku-buku baru di perpustakaan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, serta kendala dari aspek program literasi baca tulis kurang optimal semester genap tahun ajaran 2019/2020 dan semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan upaya program literasi baca tulis dialihkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2021