Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMIT Fithrah Insani Baleendah

Asih Puspitaningrum, Oktaviani Rizka (Unknown)
Komussudin, Atep (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Talaqqi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMAIT Fithrah Insani Baleendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survei. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes lisan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAIT Fithrah Insani Baleendah yang berjumlah 148 peserta didik. Namun, berdasarkan rumus Slovin, maka jumlah responden yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah sebesar 60 responden. Hasil uji Koefisien determinasi didapatkan nilai R Square 0,187, artinya 18,7% variabel Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Y) dipengaruhi oleh Metode Talaqqi (X) dan sisanya 81,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Selanjutnya hasil uji Regresi linier sederhana didapatkan nilai sig. lebih kecil dari 5%. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha Diterima, artinya ada pengaruh Metode Talaqqi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMAIT Fithrah Insani Baleendah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...