Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 9 No. 2 (2024): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2024

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IX

Siti Umriyah (Unknown)
Sulfiah (Unknown)
Marwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan mengajar guru kelas IX 1 SMP Negeri 1 Tiworo Tengah; (2) memperluas penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas IX 1 SMP Negeri 1 Tiworo Tengah; dan (3) meningkatkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX 1 SMP Negeri 1 Tiworo Tengah. Empat langkah penelitian semacam ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini juga dikenal sebagai penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metodologi hibrid yang menggabungkan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini, penilaian tertulis berupa esai, wawancara, lembar observasi, dan rekaman gambar digunakan sebagai metode pengumpulan data. Ada dua kategori data yang digunakan dalam teknik analisis data penelitian ini: data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif dikumpulkan dengan melihat instruktur dan siswa beraksi. Dalam penerapan model Project Based Learning dalam melaksanakan proses pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis cerpen, penilaian berupa hasil belajar siswa memberikan analisis data kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa menggunakan paradigma pembelajaran berbasis proyek, keterampilan mereka dalam menulis cerita pendek meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan belajar sebanyak 12 orang dengan persentase 48%, sedangkan gagal tuntas sebanyak 13 orang dengan tingkat ketuntasan 52% dan nilai rata-rata 69. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar. jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar atau tingkat ketuntasan 88%, dengan 22 siswa mencapai tujuan tersebut. Dengan skor rata-rata 81,6, tiga siswa gagal dalam mata pelajaran tersebut, terhitung 12% dari total. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa SMP Negeri 1 Tiworo kelas IX 1.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...