Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode amati, tiru dan modifikasi (ATM) siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Penelitian ini mengikuti desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kołaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Objek penelitian ini adalah peranan metode ATM untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ATM dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan baik dari segi proses maupun hasil dalam penelitian ini. Rata-rata hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik meningkat pada siklus I dan siklus II. Hasil Observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 76,47% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,11%. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 72,22% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,88%. Dari segi hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 62,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%.
Copyrights © 2024