Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Modul Digital Interaktif Berbasis Keunggulan Lokal Pantura Jawa Tengah terhadap Kecerdasan Logis Matematis Siswa Mental Retardation

Savitri Wanabuliandari (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus)
Feby Fauzia Ulya (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus)
Sumaji Sumaji (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus)
Sekar Dwi Ardianti (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus)
Muhammad Imam Ghozali (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Pembelajaran matematika reaslistik yang terintegrasi dengan media interaktif masih jarang diteliti, khususnta berkaitan dengan budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis perbedaan rata-rata kecerdasan logis matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantuan modul digital interaktif berbasis keunggulan lokal Pantai Utara Jawa Tengah pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dan design penelitian one-group pretest-posttest design. Kami melibatkan 10 siswa kelas IV SDLB Sunan Kudus. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kecerdasan logis matematis siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbantuan modul digital interaktif berbasis keunggulan lokal Pantai Utara Jawa Tengah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...