Pendidikan pada hakikatnya bukanlah untuk sebatas alih pengetahuan dan keterampilan (transfer of knowledge and skill) saja, tetapi di dalamnya terkandung juga alih nilai-nilai (transfer of value). Pentingnya penanaman nilai yaitu nilai-nilai Islam tidak hanya dilakukan melalui pelajaran agama dan pelajaran pendidikan kewarganegaraan saja. Penanaman nilai-nilai Islam tersebut dapat juga dilakukan melalui mata pelajaran umum termasuk mata pelajaran biologi. Perlu ditemukan strategi yang tepat dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran biologi. Kurikulum 2013 memberikan peluang dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam melalui berbagai mata pelajaran yang menjadi muatan kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh dengan responden guru biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian bertujuan untuk menemukan cara yang ditempuh dalam melaksanakan pembelajaran biologi yang terintegrasi nilai-nilai Islam. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa integrasi pembelajaran biologi dengan nilai-nilai Islam diimplementasikan melalui mau’izah (nasihat). Melalui mau’izah ini pendidik mengajak peserta didik untuk dapat menyayangi, mencintai, patuh dan berbakti kepada orang tua, ayah dan ibu dan memuliakan keduanya dengan sebaik-baik perlakuan
Copyrights © 2023