cover
Contact Name
Hamdi Yusliani
Contact Email
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Phone
+62812-6911-445
Journal Mail Official
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jalan Muhammadiyah No 91 Bathoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Jalan Muhammadiyah No 91 Batoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Phone: +6285323642520 Email: istiqamahtul.masyithah@unmuha.ac.id Phone: +6212-6911-445 Email: hamdi.yusliani@unmuha.ac.id
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Core Subject : Religion, Education,
Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching methods, the development of instruments in evaluation of Islamic Education, Islamic Education learning model development, Islamic Education Curriculum. In addition, It also covers various topics related to Islamic Studies.
Articles 50 Documents
PRINSIP PENTINGNYA MENDIDIK AKHLAK ANAK DARI PENGARUH MEDIA SOSIAL Amin Haris
Al-Fathanah Vol 1, No 1, April (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/.v1i1, April.1036

Abstract

Seorang anak dilahirkan dalam keadaan suci tanpa dosa, namun dalam perkembangannya ia akan dipengaruhi oleh berbagai pengaruh sosial dalam kehidupan. Pengaruh sosial saat ini yang dapat mengubah pola bersama kehidupan karakter anak adalah media sosial. Pada umumnya anak-anak saat ini dipengaruhi oleh media online, sehingga anak tidak lagi fokus pada kewajibannya dalam mengembangkan kepribadian yang positif. Orang tua dalam hal ini mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anaknya agar anak menjadi anak yang sholeh. Pendekatan dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi untuk mendapatkan informasi aktual tentang apa yang menjadi prinsip orang tua dalam mendidik anaknya dan peran apa yang dilakukan orang tua agar anaknya tidak terpengaruh oleh gejala media sosial tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa prinsip yang dilakukan orang tua terhadap anak adalah bagaimana membangun karakter anak dengan memberikan dorongan dan motivasi sehingga fokusnya pada pembelajaran pengembangan diri yang positif dan orang tua sebagai model terbaik di rumah dan memberikan aturan di rumah yang anak patuhi membatasi waktunya untuk tidak bermain media sosial berupa game online dan sejenisnya.
MANAJEMEN KEPEMIMPINAN MODERN Amin Haris
Al-Fathanah Vol 2, No 1, April (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v2i1, April.1307

Abstract

Oganisasi dengan dunia modernisasi saat ini dibutuhkan manajemen kepemimpinan yang modern. Kepemimpinan modern suatu perilaku kepemimpinan dalam melakukan tugas kepemimpinannya disesuaikan dengan kemajuan modernisasi saat ini, sehingga berbagai kebijakan bersifat relevansi dengan tuntutan organisasi. Penelitian ini menggunakan kajian perpustakaan terhadap berbagai teori ilmu manajemen dan kemepmimpin. Ditemukan bahwa manajemen kepemimpinan modern, meliputi pemimpin memiliki wawasan luas terhadap ilmu manajemen dan kepemimpinan, dengan implementasi baik dalam praktek kepemimpinan organisasi
EKSISTENSI DAYAH DI ACEH: PERAN DAN KIPRAHNYA DALAM MEMAJUKAN MASYARAKAT Saiful Saiful
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1198

Abstract

Dayah sebagai pusat pendidikan agama memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan masyarakat Aceh. Dayah telah banyak menghasilkan ulama-ilama yang terkenal dan berperan aktif dalam mendidik generasi muda taat menjalankan perintah Allah dan memiliki karakter yang luhur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran dan kiprah Dayah dalam memajukan pendidikan masyarakat Aceh. Penelitian ini menggunakan metode library research (kajian kepustakaan) dengan pendekatan historis yang mengkaji teori-teori tentang eksistensi dayah di Aceh. Adapun hasil penelitian yaitu peran dan kiprah dayah di Aceh meliputi: (a) Dayah sebagai pusat pendidikan agama Islam. Dayah sebagai pusat belajar agama masyarakat telah melahirkan ulama-ulama yang menjadi referensi dalam bidang pendidikan agama. (b) Dayah sebagai lembaga pendidikan bagi masyarakat. Ulama dayah menjadi figur dalam masyarakat dan peduli dengan lingkungan sosial masyarakat sekitarnya. (c) Dayah sebagai lembaga pembangunan masyarakat. Dayah berperan sebagai penggerak pembangunan dan perubahan pola pikir masyarakat Aceh.
MAU’IZAH: STRATEGI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM Qadriyah Qadriyah
Al-Fathanah Vol 3, No 1, April (2023): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v3i1, April.1806

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya bukanlah untuk sebatas alih pengetahuan dan keterampilan (transfer of knowledge  and skill) saja, tetapi di dalamnya terkandung juga alih nilai-nilai (transfer of value). Pentingnya penanaman nilai yaitu nilai-nilai Islam tidak hanya dilakukan melalui pelajaran agama dan pelajaran pendidikan kewarganegaraan saja. Penanaman nilai-nilai Islam tersebut dapat juga dilakukan melalui mata pelajaran umum termasuk mata pelajaran biologi. Perlu ditemukan strategi yang tepat dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran biologi. Kurikulum 2013 memberikan peluang dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam melalui berbagai mata pelajaran yang menjadi muatan kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Banda Aceh dengan responden guru biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian bertujuan untuk menemukan cara yang ditempuh dalam melaksanakan pembelajaran biologi yang terintegrasi nilai-nilai Islam. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa integrasi pembelajaran biologi dengan nilai-nilai Islam diimplementasikan melalui mau’izah (nasihat). Melalui mau’izah ini pendidik mengajak peserta didik untuk dapat menyayangi, mencintai, patuh dan berbakti kepada orang tua, ayah dan ibu dan memuliakan keduanya dengan sebaik-baik perlakuan
PENDIDIKAN AKHLAK DAN KARAKTER MENURUT AL-GHAZALI Cut Nyak Dien
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1143

Abstract

Menjadi manusia yang memiliki karakter mulia (berakhlak mulia), manusia berkewajiban menjaga dirinya dengan cara memelihara kesucian lahir dan batin, menuntut ilmu pengetahuan, membina disiplin diri, dan berusaha melakukan perbuatan-perbuatan terpuji serta menghindarkan perbuatan-perbuatan tercela. Setiap orang harus melakukan hal tersebut dalam berbagai aspek kehidupannya, jika ia benar-benar ingin membangun karakternya. Pendidikan karakter bertujuan agar manusia memiliki karakter yang baik, yang mengarah pada pendekatan diri kepada sang khalik untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
SUPERVISI AKADEMIK: STRATEGI MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBLAJARAN Fetty Eliyani
Al-Fathanah Vol 2, No 2, Oktober (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v2i2, Oktober.1416

Abstract

Supervisi akademik merupakan kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan secara teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Melalui perencanaan pembelajaran yang baik diharapkan akan mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik di SD Negeri Lamreung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang meliputi empat tahap kegiatan, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 selama tiga bulan, yaitu mulai Juli sampai September 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Lamreung yang berjumlah 22 orang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara klasikal tentang kompetensi guru dalam menyusun RPP pada kondisi awal (pra siklus) kemampuan guru yang tuntas adalah 43,75%. Pada siklus I terjadi peningkatan 25% sehingga menjadi 68,75%. Pada siklus II, kemampuan guru tuntas meningkat 25% sehingga menjadi 93,75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SD Negeri Lamreung Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun pelajaran 2020/2021.
MACAM-MACAM STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Nurul Jeumpa
Al-Fathanah Vol 1, No 1, April (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/.v1i1, April.1038

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada dasarnya merupakan pemilihan dan penetapan srategi pembelajaran yang optimal guna mencapai perolehan belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam kaitan ini, strategi penyampaian pembelajaran yang tetap merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai asmaul husna, serta penciptaan suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.Dengan demikian, materi pendidikan Aqidah Akhlak bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama, akan tetapi bagaimana membentuk kepribadian siswa agar memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat dan kehidupanya dihiasi dengan akhlak yang mulia dimanapun mereka berada. Oleh karena itu guru dalam hal ini guru PAI atau guru kelas dituntut untuk mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat memperluas pemahaman peserta didik mengenai ajaran-ajaran agama, mendorong mereka untuk mengamalkannya dan sekaligus dapat membentuk akhlak dan kepribadiannya. Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Akidah adalah keyakinan/keimanan yang benar yang terealisasikan dalam perilaku ahlak mulia.Jadi secara etimologis strategi pembelajaran akidah akhlak adalah suatu metode yang sadar dan terencana dalam menyiapkan dan memberi pengalaman belajar peserta didik untuk mengenal, memahami, mengahayati dan mengimani Allah dan merealisasikannya dalam perilaku ahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Ema Sulastri
Al-Fathanah Vol 2, No 1, April (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v2i1, April.1338

Abstract

Manajemen kelas merupakan keterampilan pendidik untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif agar proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu pembelajaran secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di samping itu, pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran pendidikan agama Islam di MTsN 2 Bathoh Banda Aceh dan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di MTsN 2 Bathoh, serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI dalam manajemen kelas di MTsN 2 Bathoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti menggunakan purposive sample yang dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa kelas VIII sebagai sampel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di MTsN 2 Bathoh; (2) cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa; dan (3) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas pembelajaran PAI dalam manajemen kelas di MTsN 2 Bathoh.
MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI SEKOLAH BERBASIS BOARDING SCHOOL DI SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR Cut Nya Dhin
Al-Fathanah Vol 2, No 1, April (2022): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v2i1, April.1333

Abstract

Meningkatnya keberadaan suatu lembaga pendidikan diperlukan Manajemen publik relation. Manajemen publik relation dituntut untuk memperhatikan, mengetahui dan memenuhi kebutuhan masyarakat seperti memberikan dua ilmu pengetahuan sekaligus. Tujuan nya agar eksistensi sekolah dapat terjaga dan mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini unt uk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen publik relation dalam meningkatkan eksistensi sekolah berbasis boarding school di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka humas, dan pembina asrama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama. Perencanaan manajemen publik relation dalam meningkatkan eksistensi sekolah berbasis boarding school di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar dilakukan berdasarkan situasi dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang ada yang dilakukan di awal tahun pembelajaran. Kedua. Pelaksanaan manajemen publik relation dalam meningkatkan eksistensi sekolah berbasis boarding school di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar dilakukan dengan mengkomunikasikan kepada pihak yang ada disekolah serta lingkungan masyarakat dan tersedia sumberdaya pendukung seperti, sumber daya manusia, biaya, serta sarana dan prasarana. Ketiga. Evaluasi manajemen publik relation dalam meningkatkan eksistensi sekolah berbasis boarding school di SMAN Modal Bangsa Aceh Besar dilakukan di akhir semester dan pada awal tahun ajaran baru yang dilakukan untuk melihat tingkat keberhasilan program yang telah dilaksanakan sehingga dapat menjadi bahan perbandingan dalam melakukan perencanaan selanjutnya. Jika manajemen publik relation dilakukan dengan tepat maka eksistensi sekolah akan terus meningkat.Increasing the existence of an educational institution requires public relations management. Public relations management is required to pay attention to, know and meet the needs of the community such as providing two knowledges at once. The goal is that the existence of the school can be maintained and improved. The purpose of this study is to determine the planning, implementation and evaluation of public relations management in increasing the existence of boarding school-based schools at SMAN Modal Bangsa Aceh Besar. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. The subjects in this study were the principal, vice public relations officer, and dormitory builder. Data collection techniques in this study used interview, observation and documentation techniques. Data analysis was carried out by data reduction, display data and drawing conclusions. The results of this study indicate that: First. Public relations management planning in increasing the existence of boarding school-based schools at SMAN Modal Bangsa Aceh Besar was carried out based on the situation and demands of the existing community needs which was carried out at the beginning of the learning year. Second. The implementation of public relations management in increasing the existence of boarding school-based schools at SMAN Modal Bangsa Aceh Besar is carried out by communicating to parties in the school and the community environment and available supporting resources such as human resources, costs, and facilities and infrastructure. Third. Evaluation of public relations management in improving the existence of boarding school-based schools at SMAN Modal Bangsa Aceh Besar is carried out at the end of the semester and at the beginning of the new school year to see the level of success of the programs that have been implemented so that they can be used as comparison material in doing further planning. If public relations management is carried out properly, the existence of schools will continue to increase.
PERAN GURU SEBAGAI DA‘I (Studi Teoritis Pemikiran Da‘wah) Hermansyah Hermansyah
Al-Fathanah Vol 3, No 1, April (2023): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v3i1, April.1805

Abstract

Fenomena kenakalan remaja menunjukkan pendidikan di sekolah perlu adanya gerakan da‘wah. Guru bukan hanya sekedar mengajar tapi juga menjadi da‘i, demikian juga anak didik bukan sekedar murid tapi juga sebagai mad‘u. Hal ini menunjukkan adanya peran guru sebagai da‘i. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran dan pendapat para pakar dalam bidang da‘wah dan pendidikan bagaimana peran guru sebagai da‘i dalam gerakan da‘wah di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode library research dan pembahasan peran guru sebagai da‘i mencakup dua hal yang tak terpisahkan, yakni bagaimana peran guru sebagai da‘i dan bagaimana pelaksanaan da‘wah di sekolah. Hasil penelitian didapatkan bahwa peran guru sebagai da‘i ditentukan dengan adanya guru yang bertindak sebagai pendidik dan pembimbing peserta didik agar mendapat kesuksesan dunia dan akhirat, guru sebagai contoh teladan, sebagai orang yang memahami keadaan jiwa peserta didik, sebagai penyaji materi da‘wah di sekolah, sebagai penyedia media da‘wah di sekolah, sebagai pengguna metode da‘wah di sekolah, dan guru sebagai pengamat efek da‘wah di sekolah. Pelaksanaan da‘wah di sekolah diawali dengan menjadikan sekolah sebagai medan da‘wah. Kemudian adanya manajemen da‘wah, adanya komunikasi antara guru dengan peserta didik yang mengandung nilai-nilai da‘wah, dan adanya gerakan amar ma‘ruf nahi mungkar di sekolah